YLBH PAPI Terbentuk, UTS : Untuk Sosial dan Kemanusian

oleh -83 views

LANGKAT |

Yayasan Lembaga Bantuan Hukum (YLBH) Perlindungan Anak dan Perempuan Indonesia (PAPI) yang berdomisili di Jalan Penerangan Nomor 31 Stabat Kabupaten Langkat Provinsi Sumatera telah terbentuk.

Hal tersebut sesuai dengan Akte Pendirian YLBH PAPI Nomor 12 tertanggal 22 Maret 2021 oleh Notaris Ega Kumala, SH, M.Kn dan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Azas Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-0008668.AH.01.04.Tahun 2021, tertanggal 26 Maret 2021, Tentang Pengesahan Pendirian Badan Hukum YLBH PAPI.

Demikian dijelaskan Direktur Utama YLBH PAPI Ukurta Toni Sitepu, SH atau yang akrab disapa UTS, Sabtu (10/04/2021).

UTS juga menjelaskan, bahwa pendiri YLBH PAPI adalah sembilan orang yaitu, Suharmanto, Dudi Hamzah Pohan,  S.Sos, Eben Ezer Manullang, S.Psi, Marojahan Sitohang, SH, Arif Jaka Sona Sinuraya, SH, Ilham Wijaya, S.Pd, Dede Kurniawan, SH, Joko Pribadi, S.PdI, MM. “Dan saya sendiri Ukurta Toni Sinuraya, SH”, ujarnya.

Para pendiri YLBH PAPI, jelas UTS, memang semuanya bukan dari disiplin ilmu yang sama yaitu, hukum. Pendiri YLBH PAPI bukan yayasan untuk para Advokat atau Pengacara saja. “Karena,  YLBH PAPI adalah wadah kaum intelektual yang ingin menyumbangkan ilmu dan pikiran untuk sosial dan kemanusian”, katanya.

Hal tersebut, ungkap UTS, sesuai dengan maksud dan tujuan yang tertera di Anggaran Dasar / Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) YLBH PAPI yaitu, sosial dan kemanusian.

Makanya, kata UTS, untuk mencapai dan mewujudkan maksud dan tujuan itu, YLBH PAPI akan melaksanakan kegiatan di bidang sosial dan kemanusian.

Kemudian, sebut UTS, sebagai lembaga yang menggunakan nama hukum dan bergerak dibidang hukum, kami harus memiliki legalitas hukum.

Oleh karena itu, sambung UTS, sesuai peraturan pemerintah bahwa setiap badan usaha, baik itu UD, CV, PT, Perkumpulan dan Yayasan harus mendaftar ke Kelompok Berusaha Lingkungan Indonesia (KBLI).

“Maka, kami juga telah mendaftarkan YLBH PAPI ke KBLI dan akan selesai segera. Begitu selesai,  kami akan melaksanakan program kerja sesuai dengan maksud dan tujuan yaitu, sosial serta kemanusiaan.”, sebut UTS.

Reporter : Dodi Hamzah Pohan