YKI Cabang Kabupaten Karo Gelar Baksos IVA Test

oleh -111 views

KARO | Antisipasi ancaman lanker leher rahim (Serviks) sejak dini supaya Wanita Indonesia bebas dari penyakit yang menakutkan itu, Yayasan Kanker Indonesia cabang Kabupaten Karo gelar bakti sosial pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) test di Puskesmas Korpri Kecamatan Berastagi, Jumat, (10/9/2021).

Menurut Ketua Yayasan Kanker Insonesia (YKI) cabang Kab Karo Ny. Vera Rika Theopilus Ginting, IVA Test adalah pemeriksaan leher rahim yang juga bisa digunakan sebagai pendeteksi pertama, sehingga menjadi solusi terbaik agar masyarakat diharapkan dapat mengetahui cara mengantisipasi penyakit itu.

Tambahnya, pelaksanaan IVA test ini sangat penting bagi kaum perempuan untuk mendeteksi dini sekaligus mencegah pertumbuhan kanker serviks dan mulut rahim pada kaum perempuan.

“IVA test tidak akan menimbulkan rasa sakit dan dinilai efektif mendeteksi dini kanker serviks,” ucap Ketua YKI Kabupaten Karo.

“Program ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Karo, yang dapat mencapai hasil yang lebih baik dalam pengendalian kanker dan menekan pertumbuhan kanker di kalangan wanita,” katanya.