YARA : PT SMD di Abdya Diduga Kangkangi Aturan Menteri ESDM RI

oleh -252 views
Ketua YARA perwakilan Abdya, Suhaimi N, SH saat menemui staf Administrasi PT SDM di lokasi tambang di Desa Ie Mirah. Kecamatan Babahrot. Jumat, (5/11/2021). Foto/Ist.

ABDYA I Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) mengungkapkan perusahaan pertambangan bijih besi di kawasan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) kangkangi aturan Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) RI.

“Operasional tambang biji PT SMD (Sinar Mentari Dwiguna) di lokasi PT JAM (Juya Aceh Mining) di duga kangkangi aturan Menteri ESDM Republik Indonesia,” kata ketua YARA perwakilan Abdya, Suhaimi. N, SH di Blangpidie, Jumat (5/11/2021).

Ia mengaku telah menurunkan tim YARA Abdya ke lokasi pertambangan PT SDM (Sinar Mentari Dwiguna) di Desa Ie Mirah. Kecamatan Babahrot untuk melakukan investigasi terkait dugaan adanya Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China yang tidak kantongi izin bekerja di pertambangan bijih besi tersebut.

Namun, kata dia, pihak perusahaan melarang tim YARA untuk memasuki komplek pengolahan bijih besi itu, sehingga dirinya tidak mengetahui keberadaan serta aktifitas yang dilakukan oleh TKA yang belum memiliki Izin Mengunakan Tenaga Asing (IMTA) itu.