banner 728x250

Waspada Ancaman Kebakaran, Pemkab Karo Gelar Apel Pasukan Penanggulangan Karhutla

Theopilus Ginting foto bersama dengan Forkominda. (Foto/Ist)

KARO | Waspada ancaman kebakaran dimusim kemarau, Pemerintah Kabupaten Karo bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) gelar apel pasukan penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Karo, Jumat (12/8/2022) di Halaman Mapolres Tanah Karo.

Apel pasukan itu dipimpin langsung Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting.

Dikesempatan itu dia mengatakan, bahwa beberapa hari kemarin telah terjadi kebakaran hutan di wilayah Kabupaten Samosir yang mengakibatkan beberapa wilayah mengalami kabut asap. Kita perlu waspada untuk mencegah Karhutla karena saat ini Musim kemarau sedang terjadi.

“Saya menyadari bahwa upaya penanganan kebakaran hutan dan lahan ini bukanlah hal yang mudah, banyak faktor penyebab kebakaran hutan di Indonesia, diantaranya faktor alam dan faktor manusia, baik yang dilakukan dengan sengaja, kelalaian ataupun kerena motif ekonomi seperti untuk membuka lahan,” ungkap Theo.

“Untuk itu kita bersama-sama ikut menjaga dan menanggulanginya,” lanjutnya.

“Ada beberapa poin yang perlu dipedomani dan dilaksanakan. Antara lain, melakukan patroli secara rutin untuk mengecek sarana dan prasarana penanggulangan Karhutla, memanfaatkan teknologi untuk melakukan pemetaan dan monitoring di area rawan terjadinya Karhutla dan berdayakan potensi masyarakat serta perusahaan dengan membentuk regu pengendalian kebakaran hutan yang bertugas melakukan patroli dan pemadaman api,” ujar Wakil Bupati Karo.

Hador dalam gelar apel itu, , Kapolres Tanah Karo, AKBP Ronny Nicholas Sidabutar, Dandim 0205/TK Letkol Inf Benny Angga Ambar Suoro, Kalak BPBD Karo, Juspri Nadeak, Kasatpol PP Karo, Gelora Fajar Purba dan tamu undangan lainnya.

Reporter : Daniel Manik