Warga Sambut Baik Pelaksanaan Proyek Pembuatan Taman Kota di Langsa

oleh -1.035 views

LANGSA |Pemerintah Kota (Pemko) sulap bantaran Krueng (Sungai) Langsa, menjadi taman kota di pinggiran jembatan jalan menuju Gampong Sidorejo, Kecamatan Langsa Kota.

Persisnya proyek pekerjaan pembuatan taman kota langsa tersebut, di daerah kamar potong yang berdampingan dengan RSUD Langsa, sedang dikerjakan oleh rekanan PT. Ramaijaya Purna Sejati.

Sumber diperoleh orbitdigitaldayli.com di lokasi proyek pembuatan taman Kota Langsa yang lagi dikerjakan ini anggaran sebesar 9,7 M.

Sementara, salah satu pengawas (civil engineer) Mustafa Akmal ST. Dari Perusahaan PT. Innerindo Dinamika yang ditemukan beberapa awak media di sekitar lokasi proyek pembuatan taman kota di bantaran sungai disebuah warung sebelah jembatan menuju Sidorejo. Kamis (18/3/2021).

Mustafa Akmal, menjelaskan, bahwa proyek pembuatan taman kota hanya ada 5 daerah saja. Kota Banda Aceh (Provinsi) Kota Sigli, (Aceh Piedie) Kota Lhokseumawe, Kota Langsa dan Kota Kuala Simpang di Kabupaten Aceh Tamiang.

Menurutnya, pembuatan taman Kota Langsa, nantinya lokasi ini akan menjadi tempat wisata masyarakat di daerah ini, sehingga fasilitas di dalam areal taman kita bangun tempat bermain anak – anak, tempat olah raga yang terbuat dari minimalis, tempat jajanan, kamar mandi, seperti trotoar taman kita bangun berwarna warni, bahkan pelebaran jalan mulai dari belakang RSUD Langsa hingga sampai kejalan besar depan PDAM nantinya.

Begitupun tambahnya lagi, jembatan jalan menuju Sidorejo, akan kita tambahkan jalan setapak dibagian kanan dan kiri, sehingga kita buatkan pintu gerbang (pintu masuk) dibangun dengan seni ukiran motif khas daerah Aceh, pintu gerbang berawal dari pinggiran jalan lintas A. Yani di depan Masjid Raya Langsa.

Selanjutnya dari hasil perbincangan seorang pengawas proyek pembuatan taman kota, Mustafa Akmal, atas nama Perusahaan PT. Innerindo Dinamika.

Menjelaskan terlaksananya pekerjaan ini, berkat dukungan adanya penyediaan lahan yang ditanggung Pemerintah Kota (Pemko) Langsa dibawah pimpinan pasangan Usman Abdullah SE dan Marzuki Hamid.

“Sehingga proyek ini bisa hadir di kota Langsa. Seperti juga di 5 daerah lain yang ada di Provinsi Aceh,” katanya.

Proyek pembagunan taman kota Langsa, yang lagi dikerjakan, bersumber dari bantuan Islam Development Bank (IDB) dari Negara Islam, bukan APBN.

“Pekerjaan ini kita buru waktu hingga selesai pada bulan Juli 2021 mendatang, termasuk juga tambahan masa perawatan dalam pekerjaan pembuatan taman kota,” ujar Mustafa Akmal.

Reporter : Rusdi Hanafiah