Warga Lhok Keutapang Tapaktuan Butuh Pembangunan Tanggul Pengaman Rumah dan Kuburan

oleh -420 views

ACEH SELATAN | Sejumlah warga Gampong Lhok Keutapang yang berdomisili di pinggiran pantai mulai resah karena beberapa minggu lagi akan memasuki musim barat.

Keresahan ini akibat dari pada sepanjang 200 meter kurang lebih tanggul sebagai pengaman pantai belum dibangun oleh pihak instansi terkait yang berkeberadaan di Banda Aceh Provinsi Aceh.

Cut Li salah seorang tokoh masyarakat Lhok Keutapang yang juga mantan Sekrestaris Lurah Lhok Keutapang Kecamatan Tapaktuan yang ditemui orbitdigitaldaily.com, Senin (15/3/2021) menyebutkan saat musim barat tiba sepanjang pantai lingkungan tiga ini tetap menjadi abrasi akibat pengikisan gelombang besar di musim barat.

Selain rumah warga yang dihantam oleh gelombang besar juga kuburan umum sudah jelas menjadi sasaran juga dari pada gelombang besar disaat tibanya musim barat.

Sehingga mengingat situasi dan kondisi musim barat membuat resahnya warga yang berdomisili di pinggiran pantai Samudra hindia.

Dan warga yang berdomisili dipinggiran pantai sangat membutuhkan ketenangan dan kenyamanan baik siang maupun malam hari.

Sehingga sudah saatnya pihak instansi terkait yang berkeberadaan di Banda Aceh Provinsi Aceh untuk dapat membangun tanggul sebagai pengaman rumah warga dan kuburan umum yang sekarang mulai terjadinya pengikisan pantai akibat dihantam oleh gelombang besar disaat musim barat tiba.

Sementara Camat Kecamatan Tapaktuan, Halim Bahri SE belum lama ini menyebutkan yang bahwa untuk usulan tentang pembangunan tanggul dilingkungan tiga gampong Lhok Keutapang Kecamatan Tapaktuan sudah diusulkan beberapa bulan lalu kepada instansi terkait yang menangani bidang pengairan Provinsi Aceh.

Reporter : Yunardi