Warga Kabanjahe Antusias Dukung Rencana Penambahan Taman Kota

oleh -872 views
Lahan kosong yang tidak terurus berada di belakang kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Karo bakal dijadikan Taman Kota. Foto: ORBIT/Daniel Manik.

Kabanjahe-ORBIT: Penambahan Ruang Terbuka Hijau (RTH) atau Taman Kota menjadi salah satu fokus Bupati Karo Terkelin Brahmana SH. Katanya, memperbanyak Taman Kota sebagai upaya menambah keindahan dan estetika kota sehingga dapat menjadi tempat berkumpul warga sembari menjalin silaturahim.

Menyikapi Taman Jalan Veteran yang cukup ramai dikunjungi warga kota Kabanjahe, Bupati Terkelin Brahmana akan menambah ruang terbuka hijau atau taman kota di komplek belakang Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Karo atau di depan Kantor KPUD Karo.

“Lahan kosong di seputaran lokasi itu cukup luas, layak dijadikan taman kota. Daripada menjadi sarang nyamuk yang bisa menularkan penyakit dan merusak pemandangan, lebih bagus dijadikan taman kota, sehingga bisa bermanfaaat bagi warga untuk melepas kepenatan dari rutinitas kerja,” ujar Terkelin Brahmana di dampingi Kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi kepada Wartawan, Selasa (3/7/2018).

Menurutnya, taman kehadiran sebuah taman juga suatu nilai estetika yang mencerminkan karakter dan sifat dari pemilik rumahnya. Dengan bertambahnya taman kota Kabanjahe, warga tidak melulu datang ke satu taman, tetapi bisa pindah-pindah untuk mendapatkan suasana yang terus baru dan segar.

“Ketika kita masuk ke dalam rumah yang pada halamannya terdapat sebuah taman walaupun kecil, kita akan merasakan kesegaran lebih dan enak dipandang mata. Selain itu, dengan hadirnya taman pada halaman rumah, kita akan memiliki produksi oksigen dan penyerap polusi udara yang lebih,” jelasnya sembari mengatakan lahan kosong di belakang kantor Dinas Kesehatan Pemkab Karo sudah cukup ideal dan konsepnya dibuat lebih apik dan multi fungsi sebagai sarana bermain, ramah anak.

Rencana penambahan taman dalam kota Kabanjahe mendapat apresiasi dari sejumlah warga. Tuah Bastari Barus dan Daniel Jefri Sitepu warga komplek DKR, mengaku kebijakan Bupati Karo yang akan menambah taman kota patut didukung semua pihak. Suasana kota menjadi tidak gersang. Kota bakal jadi teduh. “Taman bisa menjadi alternatif rekreasi, ini sangat penting,” ujarnya.

Menurutnya, pembangunan taman juga dipandang perlu kelengkapan fasilitasnya. Misalnya dibuat sarana berbagai olahraga seperti arena skatr board, sepeda, dan jogging trak, restock, lapangan voly, lapangan basket, gymne dan fitnes terbuka maupun tempat bersantai seperti Geriten Karo seperti yang ada di Taman Jalan Veteran Kabanjahe. (Od-Dam).