Warga Bumi Asri Berkurban di Dua Lokasi Berbeda

oleh -211 views
Warga Kompleks Perumahan Bumi Asri Jl Asrama Medan ikut berkurban pada Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 Masehi, Selasa (20/7/2021). Foto/Ist.

Mengenai pelaksanaan kurban, Rachman tetap mengacu pada Surat Edaran Kementerian Agama No 17 tahun 2021 tentang Peniadaan Sementara Peribadatan di tempat Ibadah, Malam Takbiran, Salat Idul Adha, dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Qurban 1442 H/2021 M di Wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Beberapa diantaranya, memenuhi kriteria hewan yang disembelih, termasuk proses penyembelihan hewan kurban dilaksanakan sesuai syariat Islam. Kemudian, kata Rachman, lokasi penyembelihan di areal luas dalam upaya menjaga jaga jarak fisik.
 
“Peserta dan petugas pelaksana juga mengenakan masker serta tetap mematuhi protokol kesehatan,” ujar Rachman.
 
Pihaknya juga mengaku telah membuat sistem pendistribusian yang mampu mengurai kerumunan massa saat pelaksanaan penyembelihan hewan kurban.
 
“Hewan kurban yang disembelih hanya dihadiri oleh para peserta kurban. Sementara, peserta lain dan masyarakat hanya diizinkan melihat dari jauh,” sebutnya.
 
Salah seorang warga sekitar, Rahmi, membenarkan hal itu. “Saya tadi dilarang mendekat ke lokasi penyembelihan dengan alasan biar tidak berkerumun di dekat lembu yang mau dipotong itu,” tutur perempuan berhijab yang hanya bisa menyaksikan proses penyembelihan hewan kurban dari sepeda motornya.
 
Kendati demikian, ibu dari dua anak ini bersyukur di sekitar tempat tinggalnya dijadikan lokasi penyembelihan hewan kurban.

“Tahun lalu saya kebagian jatah daging satu kantong plastik dari sini. Beratnya satu kilo lebih lah,” ujarnya seraya tersenyum. (Rel)