Wakil Walikota Langsa, Baitul Mal Responsif Dalam Pengelolaan Zakat

oleh -18 views

LANGSA I Wakil Walikota Langsa Dr H Marzuki Hamid MM membuka acara pembinaan dan bimbingan imum Gampong se-kota Langsa dalam pengelolaan zakat dan infaq yang dilaksanakan oleh Baitul Mal kota Langsa, di Aula Cakra Donya, Selasa (7/12/2021).

Turut hadir dalam kegiatan ini pimpinan Baitul Mal Aceh, Dr. Abdul Rani Usman, M.Si, Kepala Baitul Mal kota Langsa, Tgk. Alamsyah Abubakar Din, Kepala Dinas Syariat Islam kota Langsa Aji Asmanuddin, Kakankemenag Kota Langsa Salahuddin, Waka Polres Langsa, Kompol Ichsan serta para imum Gampong se-kota Langsa.

Dalam sambutannya wakil walikota Langsa mengatakan bahwa Pemerintah Kota Langsa dan seluruh jajaran Pemerintah Kota Langsa menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi atas penyelenggaraan kegiatan ini.

“Momen ini sebagai bentuk responsif dan aspiratif terhadap upaya kita bersama terkait pengelolaan zakat yang lebih efektif dan efisien. Seperti kita maklumi bersama zakat mempunyai kedudukan sama dengan sholat yaitu diwajibkannya untuk kaum umat muslim melaksanakan ibadah tersebut, ketika sudah cukup syaratnya,”

Marzuki Hamid menjelaskan zakat mempunyai fungsi ganda yaitu sebagai ibadah mahdhah fardiyah atau individual untuk mengharmoniskan hubungan kita secara terdekat kepada Allah SWT dan sebagai ibadah muamalah ijtima’iyah atau sosial dalam rangka hubungan secara horisontal sesama manusia. Sehingga, katanya, zakat merupakan suatu kewajiban bagi setiap muslim untuk melaksanakannya dengan dimensi yang sangat luas.