Wakil Bupati Palas Tinjau Pasca Bencana Alam Sungai Apuk Torop di Desa Janji Lobi

oleh -189 views

PALAS | Wakil Bupati Padang Lawas (Palas) drg H. Ahmad Zarnawi Pasaribu cht MM MSi di dampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Arpan Nasution S. Sos dan sejumlah Pimpinan OPD meninjau Sungai Apuk Torop Pasca banjir bandang pada Jum’at (12/3/2021) lalu.

“Sebelum adanya banjir bandang ini lebar sungai Apuk Torop sekitar 7 m dan setelah peristiwa banjir bandang atau bencana alam kanal sungai menjadi 30 m,” kata Mardia Hasibuan selaku Kepala Desa Janjilobi Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas ketika ditemui awak media di lokasi banjir bandang.

Selain itu tambah Kades, dampak banjir bandang ini, pipanisasi Pansimas sepanjang 300 m rusak parah, akses jalan keperkebunan dan persawahan tidak bisa lagi di lalui serta lahan perkebunan dan persawahan juga terkena dampak banjir tersebut.

“Kami berharap kepada penmerintah sambung Mardia, memberikan bantuan bibit sawit, pebaikan akses jalan, perbaikan pipanisai Pamsimas dan menormalisasi Sungai tersebut.

Wakil Bupati Padang Lawas drg H. Ahmad Zarnawi Pasaribu cht MM M.Si ditemui di sela sela peninjauan mengatakan, upaya yang akan dilakukan memprioritaskan perbaikan akses jalan kelokasi, agar warga bisa mengeluarkan hasil produksi pertanian.

Wabup menambahkan, memperbaiki aliran air, diantisipasi dengan pembangunan tebing bronjong untuk menanggulangi antisipasi banjir susulan .

Selain itu kata Wabup, akan memperbaiki saluran pipanisasi PAM Simas sepanjang 400 meter, sehingga kebutuhan air minum masyarakat dapat terpenuhi serta kebutuhan air untuk masyarakat beribadah dimasjid tidak terganggu untuk kebutuhan airnya .

Wabup juga mengimbau , kepada masyarakat supaya melaksanakan gotong royong dan masyarakat bersedia memberikan pembebasan lahan yang terkena pembagunan yang dilaksanakan oleh pemerintah nantinya.

Wabup berpesan, kepada masyarakat supaya tetap siaga karena akhir-akhir ini cuaca sangat ekstrem, untuk menjaga keselamatan dari bencana alam ,”ujar Wabup

“Masyarakat juga diimbau, tidak melakukan penebangan liar dihulu sungai serta tidak membuka lahan pertanian dengan cara melakukan penebangan kayu -kayu yang ada ,” tandasnya Zarnawi.

Reporter : Bocis