Wakil Bupati Gayo Lues : Kematian Ibu Terkait Pengetahuan dan Nikah Usia Dini

oleh -409 views
Wakil Bupati Gayo Lues buka acara Workshop Riset Kemenkes. Foto: ORBIT/Putra

Gayolues-ORBIT: Wakil Bupati Kabupaten Gayo Lues, H Said Sani membuka acara Workshop Riset Kemenkes mengenai kesehatan ibu dan anak dalam persalinan yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Gayo Lues di ruang Of Room Setdakab, Selasa (3/7/2018).

H Said Sani dalam kesempatan tersebut menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat mengurangi resiko kematian ibu dan anak dalam persalinan dan membuat perubahan budaya lama tentang kehamilan. “Semoga terlaksana serta dapat membangun nilai dan budaya baru hingga dapat menurunkan tingkat kematian ibu dan anak dalam persalinan,” ujarnya.

Ia menjelaskan ada beberapa faktor yang menyebabkan tingginya resiko kematian ibu dan anak, diantaranya rendahnya pengetahuan masyarakat tentang kehamilan dan soal pernikahan dini.

Dalam kegiatan tersebut, Tim Riset Kemenkes dan Lokal memutar hasil risetnya yang dilakukan pada Tahun 2012 lalu, tentang budaya nite (red gayo) di Desa Tetingi Kecamatan Blangpegayon, mereka melakukan riset selama 2 bulan mereka meneliti kebiasaan Ibu hamil dan nifas di Desa Tetingi tersebut. “Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan perubahan dan persalinan yang aman sehingga dapat menurunkan resiko kematian ibu dan anak,” jelasnya.

Kegiatan tersebut sempat dihadiri oleh Bupati Gayo Lues, didampingi Sekda dan Asisten. Hadir pula Tim Riset Kementrian Kesehatan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gayo Lues, Camat dan para Bidan Kecamatan Blangpegayon. (On-Put)