Wabup Sampaikan Jawaban Terhadap Pandangan Umum Fraksi DPRD Deliserdang

oleh -26 views

DELISERDANG |

Wakil Bupati (Wabup) H M Ali Yusuf Siregar menyampaikan jawaban pemerintah atas pandangan umum fraksi- fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Deliserdang  terhadap penyampaian Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran (TA) 2020, Jum’at (4/6/2021),   di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Deliserdang.

Rapat mendengarkan jawaban pemerintah atas pandangan umum fraksi-fraksi yang dipimpin Ketua DPRD Deliserdang Zakky Shahri didampingi Wakil Ketua T Akhmad Tala’a dan Nusantara Tarigan Silangit.

Dalam penyampaiannya, Wabup Deliserdang   menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang setulus-tulusnya kepada anggota dewan atas pandangan umum yang telah disampaikan.

Karena, Ali Yusuf Siregar,  hal tersebut merupakan wujud tanggung jawab konstitusional dan komitmen bersama dalam mewujudkan transparansi dan penyempurnaan pengelolaan keuangan untuk menjadi lebih baik sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD, sambung Wabup,  merupakan bentuk pertanggungjawaban kepala daerah dalam melaksanakan tugas dan kewenangannya sebagaimana diatur dalam undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah yang mengamanatkan kepala daerah wajib menyampaikan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD kepada DPRD.

“Kami mengucapkan terimakasih atas apresiasi anggota dewan atas pencapaian untuk ketiga kalinya opini laporan keuangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Deliserdang Tahun 2020 yang meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Ini merupakan wujud kerjasama yang baik antara legislatif dan eksekutif dan diharapkan pada tahun mendatang opini tersebut dapat dipertahankan”, sebut Wabup.

Kemudian, Ali Yusuf Siregar menerangkan jawaban, penjelasan dan tanggapan Pemkab Deliserdang atas pertanyaan, saran , pendapat dan masukan anggota dewan melalui fraksi-fraksi DPRD.

Diantaranya,  terang Wabup, pertanyaan dari Kustomo,  juru bicara dari Fraksi Gerindra terkait laporan hasil pemeriksaan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK)  yang telah diserahkannya laporan keuangannya  oleh Bupati  dan Ketua DPRD Deliserdang pada tanggal 10 Mei 2021 kepada Kepala BPK RI perwakilan Sumatera Utara.

Selain itu juga, Ali Yusuf Siregar juga menjawab pertanyaan dari Jonni Keliat, juru bicara Dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) terkait penanggulangan Covid-19.

Wabup menjawab, Pemkab Deliserdang telah melakukan penanggulangan, pencegahan dan peneyebaran pandemi Covid-19.

Seperti, ungkap Ali Yusuf Siregar, melaksanakan piket posko 24 Jam, melakukan sosialisasi tentang penerapan disiplin dan penegakkan hukum protokol kesehatan (Prokes),  melakukan penyemprotan disinfektan di area publik, fasilitas sosial dan fasilitas umum dan menyelenggarakan Operasi Yustisi tentang penerapan disiplin serta  penegakkan hukum bagi pelanggaran Prokes.

Reporter : Dodi Hamzah Pohan