Wabup Karo : Program Kopi Nande Beri Perubahan Kaum Perempuan dan Anak di Desa

oleh -52 views

KARO | Program Kopi Nande telah berpartisipasi membantu pembangunan desa di Kabupaten Karo. Berkaitan dengan hal itu Pemerintah Kabupaten Karo akan selalu mendukung upaya Kopi Nande dalam mendorong peningkatan peran perempuan dalam kepemimpinan.

“Terima kasih kepada Yayasan Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA) dan Lutheran World Relief (LWR) yang secara nyata telah mendukung pembangunan di Kabupaten Karo melalui program Kopi Nande yang telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Karo, khususnya di desa binaan dengan program pembinaan kaum perempuan dan juga dalam rangka meningkatkan perekonomian dan menjaga kelestarian lingkungan dengan program Bank Sampah,” kata Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting saat memberi arahan di acara Lokakarya Kopi Nande, (14/7/2021) di Aula Kantor Bupati Karo Kabanjahe.

Menurut Theopilus, secara nyata, project Kopi Nande telah memberi perubahan bagi masyarakat khususnya perempuan dan anak. Kamar mandi dan toilet yang dibangun di lima desa (Bulanjulu, Bulanjahe, Lingga, Simpang Empat dan Penampen) telah memudahkan masyarakat dalam mengakses air bersih dan melakukan aktifitas sehari-hari seperti mandi, mencuci pakaian dan mencuci piring. Masyarakat juga mengaku, bahwa kegiatan rutin gotong royong membersihkan desa dan mengelola sampah telah meningkatkan kesadaran mereka terhadap pentingnya hidup bersih dan sehat.