Vaksinasi Atlet Penting Untuk Menjaga Semangat Juang di Kejuaraan

oleh -11 views

JAKARTA| Vaksinasi tahap kedua juga memprioritaskan atlet sebagai sasaran penerima vaksin COVID-19. Pada 26 Februari 2021, atlet, pelatih, dan tenaga pendukungnya telah menerima vaksin COVID-19 dosis pertama dan dilanjutkan pemberian dosis kedua pada 13 Maret lalu.

dr. Riskiyana Sukhandi Putra, M.Kes, Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Kemenkes, menyampaikan, “Pada vaksin tahap kedua ini termasuk juga memprioritaskan para atlet dan tenaga pendukungnya dalam persiapan menghadapi kompetisi nasional maupun internasional yang membawa nama harum bagi bangsa,” terangnya dalam Dialog Produktif, dengan tema Bangkitkan Semangat Atlet Melalui Vaksinasi, yang diselenggarakan KPCPEN dan ditayangkan di FMB9ID_IKP, Senin (22/3/2021).

Dalam kesempatan yang sama, Gatot S. Dewa Broto, Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga juga mengatakan, “Atlet punya kontribusi yang sangat besar bagi bangsa dan negara. Mengutip Wakil Presiden, bendera dan lagu kebangsaan bisa didengarkan di luar negeri pada dua kesempatan, yang pertama pada saat kepala pemerintahan berkunjung ke negara lain, yang kedua adalah saat atlet berlaga di luar negeri dan memenangkan kejuaraan, atas dasar itulah atlet diberi prioritas mendapatkan vaksinasi,” terangnya.

Pada pemberian vaksinasi dosis pertama ada 821 atlet dan tenaga pendukung yang sudah mendapatkan vaksinasi di Istora Senayan. Atlet yang mengikuti program vaksinasi ini tidak hanya atlet nasional namun juga kepada atlet-atlet di daerah.

“Vaksin ini banyak ditunggu khususnya bagi masyarakat olahraga, kita ketahui pada tanggal 20 Oktober sampai 4 November 2021 kita akan melaksanakan PON ke 20 di Papua, dan baru saja kita rapat bersama 34 KONI Provinsi di seluruh Indonesia, dan meminta seluruh atlet dan tenaga pendukung bisa divaksin segera,” tutur Doedie Gambiro, MBA, Ketua BINPRES KONI Pusat.