banner 728x250

USU Tambah 4 Guru Besar Tetap, Rektor Berharap Krisis Pembelajaran Teratasi

Rektor USU Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si foto bersama saat pengukuhan 4 guru besar USU di Auditorium USU. Senin, (15/08/2022). Foto/Ist

MEDAN | Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si mengukuhkan empat guru besar USU, yakni Prof. Dr. dr. Blondina Marpaung, Sp.PD, KR. dari Fakultas Kedokteran, Prof. Dr. Ir. Ilmi, M.Sc. dari Fakultas Teknik, Prof. Dr. Juliati Br. Tarigan, S.Si., M.Si. dan Prof. Dr. Dra Erna Frida, M.Si. dari FMIPA USU. Pengukuhan tersebut dilangsungkan di Auditorium USU pada Senin, (15/08/2022).

Dalam sambutannya, Rektor USU menyinggung tentang krisis pembelajaran yang dialami oleh Indonesia selama 20 tahun terakhir berdasarkan indikator tes PISA. Diketahui berdasarkan tes tersebut,Indonesia tidak mengalami peningkatan pembelajaran selama 10-20 tahun terakhir serta sebanyak 70 persen pelajar usia 15 tahun berada di bawah kompetensi umum.

Menanggapi isu tersebut, menurut rektor, satu-satunya cara agar keluar dari krisis dan menjadi sociopreneur university adalah memastikan kecepatan yang dimiliki dalam menyelesaikan persoalan mengelola pendidikan.

“Sebab kecepatan tersebut menjadi modal untuk menang dalam kompetisi,” kata Rektor USU.

Baca juga: USU Terima 2.711 Mahasiswa Baru Jalur SMM 2022 dan 171 Jalur SMM PTN Barat

Mengatasi isu krisis pendidikan tersebut rektor mengatakan akan memberikan akses terbuka bagi masyarakat kemudian melakukan metode pembelajaran dan memodifikasi pembelajaran.