Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, PT TPL Renovasi Poskesdes Banjar Ganjang

oleh -348 views

Parmaksian – ORBIT: Dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan dan sebagai Tanggung Jawab Sosial di Lingkungan Perusahaan, PT. Toba Pulp Lestari Tbk (TPL) melakukan renovasi terhadap Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) Desa Banjar Ganjang, Kecamatan Parmaksian.

Hal itu diungkapkan Safri Manurung, Kepala Desa Banjar Ganjang kepada awak media tatkala ditemui di kantornya pada Selasa (2/4).

Dalam keterangannya, Bidan Desa yang bertugas di wilayah itu, Mestika Sitanggang selalu mengalami kesulitan bila melakukan upaya pengobatan maupun pemeriksaan kesehatan bagi warga Desa yang datang berobat ke Poskedes itu.

Kondisi Poskedes itu, sebutnya, sebelumnya sangat memprihatinkan. Ruangan pemeriksaan dan pengobatan pasien sangat sempit. “Sekarang sudah luas. Bahkan sudah ada kamar inap untuk pasien yang membutuhkan,” ujar Safri.

“Kamar mandi juga sebelumnya memprihatinkan dan hanya ada satu unit serta tidak ada septictanknya, sekarang sudah ada dua kamar mandi. Satu untuk Bindes dan satunya untuk pasien. Septictank juga sudah ada. Pokoknya sudah bersihlah,:” tambahnya.

Juga, dulunya lantainya dari semen dan sudah pada retak retak, atap berkarat, asbes belum ada dan instalasi listrik semrawut, sangat berbahaya. Sekarang Poskedes ini sangat layak disebut tempat kesehatan,” ungkapnya bangga.

Semua itu, jelasnya, diperoleh desanya berkat bantuan dari PT. TPL. “Sudah banyak bantuan yang kami terima dari PT. TPL selama ini. Semoga ke depannya makin jaya TPL,” serunya.

Diakhir perbincangan, Kepala Desa Banjar Ganjang yang sebentar lagi akan menimang cucu itu mengatakan, bahwa sebulan lalu pihak PT. TPL membangun Tembok Penahan Tanah (TPT) Poskesdes itu demi kenyamanan pelayanan kesehatan di desanya. (Od-BBT)