Tingkatkan Ekonomi Rakyat, PT TPL Laksanakan Program Intercrop di Lahan HTI

oleh -326 views

Borbor-ORBIT: Puluhan warga Desa Simare, Kecamatan Borbor yang dibagi dalam empat Kelompok Tani Hutan (KTH) mendapat kesempatan yang sangat baik dari pihak Manajemen PT Toba Pulp Lestari Tbk (TPL).

Betapa tidak, di lahan areal Hutan Tanaman Industri (HTI) di sekitar Desa itu, warga yang tergabung dalam empat KTH itu mendapat bibit gratis untuk ditanami secara tumpang sari (Intercrop) di antara celah pohon eukaliptus milik PT TPL.

Staf Humas PT TPL, Julandri Hutabarat, ketika dijumpai di lokasi menyebutkan bahwa selain memberi secara gratis bibit tanaman Jagung, Ubi Jalar dan Kentang, pihaknya juga memberikan pupuk. “Bahkan pengolahan lahannya juga, kita yang kerjakan,” terangnya, kemarin.

Didampingi rekannya, Puji Lestari, Staf Community Development (CD) Officer PT TPL  Sektor Habinsaran, Julandri tampak turut membantu warga melakukan panen perdana tanaman Jagung dengan sistem Intercrop itu.

“Selesai panen ini, penanaman akan tetap dilanjutkan dengan pengurangan subsidi hingga warga yang tergabung dalam KTH dapat mandiri. Kita lihat sesuai hasil panennya nanti,” sebutnya.

Tampak hadir dalam panen perdana tanaman Jagung dengan sistem Intercrop di lahan HTI milik PT TPL itu yakni Kepala Desa Simare, Naek Hutapea beserta para Ketua Kelompok KTH dan para anggota kelompok KTH.

Ketua Kelompok KTH Sepakat, Wilson Hutapea kepada media mengaku sangat salut atas perhatian dan bantuan yang diberikan pihak PT. TPL itu. “Semoga kerjasama ini dapat terus berlangsung. Terimakasih kami kepada TPL,” ujarnya dengan terbata.

Hal senada juga sampaikan Kepala Desa, Naek Hutapea. Dirinya sangat mengapresiasi bentuk kerjasama antara PT TPL dengan warga dengan program Intercrop itu.

“Sengaja kita minta penanaman jagung ke TPL, sebab pemasarannya gampang, tinggal jual ke BUMDes saja. Sebab BUMDes Simare butuhkan jagung untuk pakan ternak. Mantap TPL, Jaya Terus,” katanya tegas. (Od-Bbt)