Tim Tertibkan KJA Muara, Ini Penjelasan Kepala DLH Taput

oleh -274 views
KJA milik salahsatu pengusaha diduga berkedok kelompok nelayan di Huta Lontung Kecamatan Muara, Taput. (Orbit/Tonijer Hutagalung).
Kondisi KJA yang beroperasi di Danau Toba yang belum ditertibkan. (Foto/Ist).

Lewat sambungan Whatsap, Heber menjelaskan mengenai penertiban usaha KJA di Muara menjadi target pemerintah pusat. Namun lokasi tersebut juga masuk zonasi pengawasan atau zonasi A32 dengan batasan produksi 299 ton/tahun.

“Kita akan memperhatikan dampak lingkungannya, dan ini akan dinilai melalui tim, sekaligus mempertimbangkan dampak sosial dan ekonomi terhadap masyarakat sekitar,” ujar Heber.

Heber mengaku tidak memiliki kepentingan saat disinggung adanya riak-riak terkait indikasi pencemaran air danau toba dampak limbah pakan KJA sehingga masyarakat yang menggantungkan kebutuhan air minum sering mengalami gatal-gatal dan aroma tak sedap.

“Minggu depan kita sudah melakukan aksi. Kalau untuk KJA Muara tidak ada kepentingan, tapi lebih membantu masyarakat sekitar. Apalagi lahan pertanian disana sangat sulit untuk ditanami karena sangat curam, sehingga matapencarian mereka sangat terbatas,” bebernya.