Terminal Modern Kabanjahe Diresmikan, Gubsu Janji Akan Bangun Terminal Pedesaan Tahun Ini

oleh -27 views

TANAH KARO | Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi resmikan Terminal modern type B Kabanjahe, Selasa (16/2/2021). Dikesempatan itu, Gubsu juga berjanji, akan membangun jembatan terminal type C berikut dengan jembatan penghubungnya (sky bridge), di tahun anggaran P- APBD Provinsi Sumatera Utara Tahun Anggaran 2021 mendatang, sesuai dengan usulan Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH, supaya tidak kelihatan kumuh terminal pedesaan itu.

Menurut Edy Rahmayadi, pembangunan terminal modern type B di Kabanjahe, merupakan satu-satunya terminal termodern di seluruh Sumatera Utara. Ada 33 kabupaten/kota di Sumut, tetapi terminal di Kabanjahje inilah yang terbaik dan terbagus semuanya.

“Pembangunan terminal di Karo tidak hanya sebatas pembangunan tyerminal Type B saja, tetapi pembangunan terminal truk ber Type A pun sudah saya rencanakan pembangunannya. Untuk rencana pembangunan terminal truk type A ini, tentu ada pertanyaan dibenak saudara, apa tujuannya. Tujuannya untuk menampung truk-truk pengangkut buah dan sayur-sayuran hasil pertanian daerah ini dan sekitarnya. Dengan adanya terminal type A ini, nantinya seluruh hasil pertanian dan perkebunan akan diangkut dari Terminal type A itu keseluruh daerah tujuan,” sebut Edy.

Mengenai adanya pertanyaan wartawan bagaimana strategi Pemprovsu menangani kemacetan arus laluilintas Medan-Kabupaten Karo yang hampir setiap hari terjadi. Menjawab pertanyaan Edy Rahmayadi mengatakan, pihak Pemprovsu dan dan pemerintah pusat (instansi terkait) selalu melakukan koordinasi dalam hal penanganan kemacetan itu. Intinya kita selalu mencari solusi untuk penanganan kelancaran arus lalulintas. Dan masing-masing mempunya tanggung jawab dalam penanganan kemacetan itu.

“Termasuk dalam hal penanganan pembangunan infrastrukturnya kita tetap melakukan komunikasi dengan pusat dan kabupaten/kota untuk mengatasi kemacetan. Seperti yang disampaikan Bupati Karo Terkelin Brahmana tadi (rencana pembangunan jalan alternatif Deli Serdang-Karo), itu patut kita sikapi dan kita dukung,” tandasnya.

Sebelumnya Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH mengatakan, terimakasih kepada Gubernur Edy Rahmayadi dan ketua DPRD Sumut Baskami Ginting atas dianggarkannya dan selesainya pembangunan Terminal modern type B Kabanjahe diatas lahan dan bangunan yang kumuh. Namun setelah di bangun terminalini terlihat menjadi indah dan modern. Yang saya tau terminal modern Kabanjahe type B merupakan satu-satunya terminal termodern dan terindah di Sumatera Utara yang dijadikan sebagai proyek percontohan pembangunan terminal di Sumut.

“Tapi yang terpenting pak Gubernur, kami sangat memohon dukungan Pemprovsu bersama dengan DPRD Sumut untuk meloloskan pembangunan jalan yang menghubungkan Deli Serdang (Rumah Liang)-Kabupaten Karo (Serdang) guna meningkatkan perekonomian masyarakat kedua Kabupaten, sekaligus untuk penanganan sebagai pengurai kemacetan lalulintas Medan-Berastagi . Dan perlu saya sampaikan belum lama ini Pemkab Karo dengan Kab Deli Serdang sudah melakukan penandatangan kerjasama (MoU) terkait pembukaan jalan alternatif Deli Serdang-Kabupaten Karo,” ungkapnya.

“Dikesempatan ini, saya juga memohonkan kepada Gubernur Sumatera Utara, supaya memperhatikan juga pemembangun terminal C (terminal pedesaan) yang terletak di sebarang jalan terminal modern type B ini, supaya kelihatan indah dan tidak kumuh lagi. Supaya masyarakat calon penumpang merasa nyaman menuju terminal modern type B yang ingin menuju Medan, alangkah baiknya jembatan penyeberangnya juga turut di bangun, sehingga terminal ini betul-betul indah dan modern,” ujar Terkelin.

Usai persmian Gubsu Edy Rahmayadi didampingi Bupati karo Terkelin Brahmana SH MH meninjau fasilitas terminal. Selanjutnya Gubsu melepas Bus AKDP, pertanda Terminal Modern type B Kabanjahe resmi beroperasi.

Hadir dalam acara itu, Kadis Perhubungan Provsu Abdul Haris Lubis, Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang, Dandim, 0205/TK Letkol Kav Yuli Eko Hadyanto, perwakilan Kapolres Tanah Karo, Kajari Karo Denny Ahmad, Ketua TP PKK Pemprovsu Ny Nawal Edy Ramayadi, Ketua TP PKK Kab Karo Ny Sariati Terkelin Brahmana dan Kadis Perhubungan Kab Karo Gelora Fajar SH.

Reporter : Daniel Manik