Terkelin dan Cory : Hanya Dua Makam Pahlawan di Indonesia, Satu Ada di Kabanjahe

oleh -24 views
Karena usia sudah lanjut, salah seorang veteran pejuang RI harus dipapah rekan seperjuangannya untuk menerima potongan kue ulang tahun LVRI ke 64 dari Terkelin Brahmana disaksikan Cory S Sebayang

TANAH KARO| Bila melihat sosok Legian Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kabupaten Karo kita sangat terharu, sebab kita tahu dalam bidang apa pun untuk menggapai sesuatu butuh pengorbanan dan perjuangan, baik dalam skala besar maupun kecil.

“Hal seperti ini telah dialami dan dirasakan para pejuang kita yang tergabung dalam LVRI Kabupaten Karo, ketika berjuang untuk merebut kemerdekaan, mereka berjuang tanpa pamrih. Ada yang gugur di usia muda dan masih diketahui namanya, tetapi tidak sedikit juga gugur dan tak dikenal. Ini adalah bukti kegigihan para pahlawan yang gugur sebagai kusuma bangsa,” ujar Bupati Karo Terkelin Brahmana SH saat memberikan bingkisan /kado penghargaan kepada salah seorang perwakilan pejuang saat memperingati HUT LVRI ke 64, Jumat pagi (8/4/2021) di Pendopo Rumdis Bupati, Jalan Veteran, Kabanjahe.

Menurut Terkelin, di Indonesia, hanya ada dua makam pahlawan, satu ada di Kabanjahe Kabupaten Karo, dan satu lagi ada di Surabaya Jawa Timur. Keberadaan makam pahlawan Ini bukti bahwa di Tanah Karo semasa jaman revolusi dulu, ada perjuangan melawan penjajahan untuk merebut kemerdekaan.