Terkelin dan Cory Desak PT Maybert Lestari Segera Selesaikan Pembangunan Dermaga Tongging

oleh -10 views

TANAH KATO | Nilai PT Maybert Lestari lamban menyelesaikan pembangunan dermaga Tongging, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH dan wakilnya Cory S Sebayang desak perusahaan yang bergerak dalam bidang konstruksi itu segera menyelesaikan tanggung jawabnya aelaku kontrakror proyek itu.

Desakan itu disampaikan Terkelin Brahmana dan Cory S Sebayang saat meninjau penyelesaian pembangunan Dermaga Tongging
tahap II, Senin (22/2/2021) di Desa Tongging.

Menurut Terkelin, pengerjaan tahap II seharusnya sudah rampung pada bulan Desember 2020 lalu, tapi kenyataan dilapangan kita tinjau meleset sesuai mekanisme pengerjaan proyek, tentu ini terjadi pasti memiliki faktor dan sebab.

“Melihat kondisi sebenarnya ini, maka rencana, Selasa (23/2) ada pertemuan dengan Gubernur Sumatera Utara, saya akan mencoba menyampaikan progres pembangunan dermaga Tongging mulai tahap I (sudah rampung) dan Tahap II (belum rampung),” tuturnya.

Menyahuti desakan Bupati Karo Terkel8n Brahmana, manager lapangan pembangunan dermaga Tongging Bembeng menyebutkan penyebab pembangunan tahap II Dermaga Tongging belum rampung sampai hari ini, erat kaitannya faktor cuaca.

Tambahnya, memang sesuai target, seharusnya pengerjaan tahap II sudah rampung pada bulan Desember 2020 lalu.

“Tapi karena faktor cuaca, pengerjaan tidak tetselesaikan. Antara bulan Maret dan April 2021, PT Maybert Lestari selaku rekanan kontraktor telah berjanji akan membuka tiang ponton sebagai finishing tiang pancang. Terkait dana pembangunan dermaga Tongging tahap II, anggarannya berasal dari dana APBN pusat dengan total biaya senilai Rp.13,4 Milyar,” sebutnya.

Mudah mudan bulan April 2021 mendatang, tahap II rampung, sehingga tahap III akan dimulai lagi, sebab tahap III untuk pembangunan fasilitas dermaga, akan dikerjakan, setelah proses tender selesai, namun saat ini, proses tender belum final.

Sementara Kepala Desa Tongging, Jhonson Simarmata menyebutkan masyarkat Tongging sangat apreisasi pembangunan dermaga tersebut kiranya secepatnya rampung.

“Kami sudah rindu menantikan pembangunan dermaga Tongging ini selesai, sehingga dapat beroperasi sebagai dermaga pelabuhan. Hal ini sangat membantu dan menjadi penopang mata pencaharian masyarakat setempat, bila dermaga sudah difungsikan,” harapnya.

Dampak tersebut, jelas roda taraf perekonomian akan memiliki perubahan bagi masyarakat sekitar, ini harapan masyarakat. Begitu pun masyarkat titip salam dan apreisasi kepada pemda karo dan terkhusus Bupati karo Terkelin Brahmana, yang sudah ikut memperjuangkan pembangunan dermaga ini dibangun di tongging. Imbuhnya

“Hilangkan penilaian negatif terhadap masyrakat Tongging, sebab sering kami dengar, bahwa masyarakat tongging alergi dengan pembangunan. Itu jelas keliru, mungkin pihak- pihak tertentu yang membuyarkan harapan masyarakat kami,di lempar isu dengan cara tidak benar,” pungkasnya.

Reporter : Daniel Manik