Terkait Impor Emas Viral, Sugianto Makmur: Perusahaan Importir di Sumut Jangan Khawatir

oleh -57 views
Anggota DPRD Sumut Sugianto Makmur (Foto/Ist)

MEDAN| Anggota Komisi B DPRD Sumut membidangi perdagangan, perekonomian dan distribusi produk pertambangan, Sugianto Makmur menghimbau perusahaan importir di Sumatera Utara jangan khawatir menanggapi masalah impor emas yang viral di Jakarta.

“Kita minta perusahaan importir jangan khawatir atas viralnya impor emas di Jakarta, sehingga Jaksa Agung diminta turun tangan,”ujar Sugianto Makmur, Selasa (15/6/2021) di ruang kerjanya gedung DPRD Sumut.

Karena, lanjut Sugianto Makmur, penetapan HS untuk emas batangan sudah tepat, yaitu 7108.12.10 dengan deskripsi barang, baik Emas bukan tempahan, dalam bentuk setengah jadi, bentuk bubuk, bentuk gumpalan, maupun ingot atau batang. Namun masalah kemudian terjadi, bila yang diimpor perhiasan tapi memakai HS batang emas yang penetapan bea masuknya lebih rendah, sehingga timbul kerugian negara.

Disebutkannya, pemakaian HS 7113 dan 7114 untuk ‘barang perhiasan, barang hasil tempaan pandai Emas dan Perak, serta barang lainnya. Terlebih lagi, dalam BTKI (Buku Tarif Kepabeanan Indonesia) pada catatan untuk Bagian XIV dan Bab 71 di no 9a, dijelaskan barang perhiasan berarti setiap barang kecil untuk perhiasan pribadi misalnya cincin, gelang, kalung, bros, anting-anting, rantai arloji, leontin dan sebagainya.