banner 728x250

Sugianto Makmur : Poldasu Harus Jeli Menangani Bentrok Antara PT SSL dengan Masyarakat

Anggota DPRD Sumut Sugianto Makmur (Foto/Ist)

Safaruddin Hasibuan (50 Thn) Pam Swakarsa SSL warga Binanga Kecamatan Barteng mengalami Luka Robek di tangan sebelah kiri. Alfarezy (30 thn) Pam Swakarsa SSL warga Ulu Gajah Kecamatan Barteng mengalami Luka lebam di wajah dan luka robek di kaki sebelah kiri dan Sumarno mengalami luka bacok.

Selain jatuh korban, tambahnya, dua unit alat berat berupa Excapator, dua unit mobil Double Cabin Mitshubisi Triton serta sejumlah sepeda motor dibakar dalam bentrok tersebut. Selanjutnya, Polres Palas melakukan mediasi dengan mengundang pihak Pemerintah, DPRD Palas dan pihak terkait lainnya duduk bersama, mencari Solusi sehingga tidak terjadi lagi bentrok antara masyarakat dengan pihak perusahaan.

Anggota Pansus (Panitia khusus) Kehutanan DPRD Sumut Ir. Sugianto Makmur sangat menyangkan terjadinya bentrok antara masyarakat dan pihak PT SSL/SRL, karena jauh sebelumnya sudah diingatkan kekhawatiran ‘bom waktu’ konflik lahan yang sewaktu-waktu meledak.” DPRD Sumut sudah berkali-kali mengingatkan potensi konflik menjadibom waktu bakal meledak kapan saja, baik kepada Poldasu, Kodam I dan pihak PT SSL dan PT SRL.

Dalam kunjungan terakhir, DPRD Sumut juga meminta semua pihak menahan diri. Ketika pintu komunikasi buntu, perusahaan juga tidak mau mundur sedikit pun, maka konflik seperti ini bisa kapan saja meledak. Bahkan ada kemungkinan akan terjadi konflik dalam skala lebih besar lagi,” ungkap Sugianto Makmur kepada wartawan ketika dikonfirmasi, Minggu (31/10/2021) di Medan.