SMAN 1 Uluan Sudah Mandiri Laksanaan UNBK

oleh -1.591 views

Uluan – ORBIT: Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) akan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia selama empat (4) hari, yakni 1, 2, 4 dan 8 April 2019.


Pantauan media selama ini bahwa pelaksanaan UNBK itu nantinya masih banyak kendala yang dihadapi sejumlah sekolah terkait minimnya jumlah ketersediaan perangkat komputer untuk digunakan pelajar dalam melaksanakan UNBK.


Namun hal itu kini tidak akan dialami oleh salah satu SMA yang tergolong masih baru ini, yakni SMA Negeri 1 Uluan. Jumlah perangkat komputer mereka sudah memadai dalam mengikuti UNBK.


Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala SMAN 1 Uluan, Ani Sefriana Nadapdap, SPd, MSi saat ditemui di kantornya pada Senin (25/3/2019) siang.


Selain perangkat komputer yang sudah terbilang cukup, Ani juga mengatakan bahwa sekarang pihaknya sudah memiliki tower tersendiri yang terkoneksi langsung dengan tower milik Telkom di Kota Porsea.


“Sambungan internet dari tower kami dengan Tower milik Telkom Porsea sudah terkoneksi sejak Januari 2019,” ujar Ani.


Adapun komputer yang sudah dimiliki sekolah itu yakni sebanyak 40 unit dengan jumlah siswa kelas XII yang akan mengikuti UNBK sebanyak 117 siswa. “UNBK itu nanti dilaksanakan sebanyak tiga sesi perhari, jadi perangkat kami saat ini sudah cukup,” katanya lagi.


Perangkat komputer itu, lanjut kata Ani, diperolehnya berkat kerjakerasnya dengan dibantu beberapa koneksinya dalam melobby bantuan itu ke Pusat yakni Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.


Namun, akunya, untuk pelaksanaan UNBK tahun depan, dirinya menyatakan jumlah perangkat komuter saat ini masih belum mencukupi, sebab dua tahun terakhir jumlah siswa yang mendaftar di sekolahnya itu sudah bertambah.


“Kalau sekarang jumlah kelas XII hanya sebanyak 117 siswa, sedangkan kelas X dan XI masing – masing jumlahnya sebanyak 142 lebih. Jadi saya akan berusaha mencari bantuan komputer agar tahun depan UNBK dapat kami laksanakan secara mandiri juga,” pungkas Ani. (Od-BT)