Shalat Subuh Berjamaah di Tanjung Morawa, Wabup Deliserdang : Merekatkan Ukhuwah dan Silatuhrahmi

oleh -75 views

DELISERDANG |

Shalat lima waktu adalah kewajiban bagi kita umat Islam, Memelihara Shalat merupakan salah satu pembelajaran kedisiplinan umat Islam untuk mengingat Allah SWT walau dalam kondisi apapun dan kapanpun.

Oleh karenanya, Gerakan Sholat Subuh Berjamaah (GSSB) yang kita laksanakan hari ini adalah bentuk kedisplinan kita kepada Allah SWT yang memiliki arti dan makna sangat penting.  

Karena,  disamping mengejar keutamaan melaksanakan Sholat subuh, juga dapat mendorong dan mendukung segala bentuk upaya yang bertujuan bagi peningkatan dan  kemajuan pembangunan. Khususnya,  dibidang keagamaan, yang  dapat merekatkan ukhuwah dan silaturahmi umat.

Demikian dikatakan Wakil Bupati (Wabup) Deli serdang H M Ali Yusuf Siregar bersama Pimpinan Daerah Pengurus Daerah Dewan Masjid Indonesia (PD DMI) dan Surah As-Sajadah Kabupaten Deliserdang ketika melaksanakan GSSB, Jumat (23/4/2021),  di Masjid Al-Hidayah Desa Perdamaian Kecamatan Tanjung Morawa.

Ali Yusuf Siregar juga mengatakan bahwa, GSSB merupakan salah satu program yang sesuai dengan Visi dam Misi Pemerintah Kabupaten Deliserdang yaitu, Deliserdang yang maju dan sejahtera dengan masyarakatnya yang religius dan rukun dalam kebhinekaan.

“Makanya, Pemkab  Deliserdang akan terus mendorong segala bentuk upaya yang bertujuan untuk kemajuan dan peningkatan kualitas umat di Deliserdang untuk menuju masyarakat yang religius”, ujarnya.

Dengan demikian, ungkap  Ali Yusuf Siregar, kegiatan GSSB  seperti ini harus terus kita tingkatkan dari waktu ke waktu agar keimanan kita kepada Allah SWT terus terpupuk dan visi-misi Deliserdang dapat terwujud.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini dapat membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya sholat subuh berjamaah sebagai identitas diri seorang muslim”, ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua DMI Deliserdang H Sulaiman Hasibuan menjelaskan,  DMI berkeinginan agar semua masyarakat ikut menyemarakkan sholat subuh berjama’ah.

“Salah tugas kami, sebagai DMIadalah  untuk menyatukan umat Islam yang pergerakkannya diawali dari Mesjid. Kami telah mengundang Forkopimda dan ormas-ormas Islam yang ada di Delierdang ini”, ujar Sulaiman Hasibuan.

Hal ini, sambung Sulaiman Hasibuan, sesuai dengan tujuan dan maksud DMI yang berdiri sejak tahun 1972. Yaitu, untuk meningkatkan keimanan, ketaqwaan, akhlaq mulia dan kecerdasan umat serta tercapainya masyarakat adil makmur yang diridhai Allah SWT.

Sulaiman Hasibuan juga menyampaikan bahwa, program GSSB sudah mulai bergerak. Dengan Forkopimda Deliserdang terus mendukung program  GSSB untuk memakmurkan masjid.

“Apalagi, program GSSB sesuai dengan  visi dan misi Deliserdang, untuk menjadikan Kabupaten yang maju, sejahtera, sekaligus masyarakatnya religius dan rukun dalam kebhinekaan”, sebut Ketua DMI.

Hal yang sama dikatakan  Ketua Badan Kemakmuran Mesjid (BKM) Masjid Al-Hidayah Hamdan Siregar, yang juga mendukung GSSB di Kabupaten Deliserdang.

“Kalau di perbolehkan, kami  ikut serta dalam mengajak masyarakat muslim yang ada di Desa maupun di Kecamatan Tanjung morawa untuk Shalat subuh berjama’ah di Mesjid”, katanya

Hadir dalam GSSB itu,  Wakil Ketua Pengadilan Negeri Lubuk Pakam  Raden Heru Kuntodewo, beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), perwakilan Forkopimda, Camat Tanjung Morawa Marianto Irawadi dan Ormas Islam serta BKPRMI Tanjung Morawa.

Reporter : Dodi Hamzah Pohan