Serunya, Ibu-Ibu di Abdya Ikut Pelatihan Kerajinan Tangan Dari Limbah Lidi Sawit

oleh -299 views
Kabid Koperasi dan UKM Abdya Irmansyah SP bersama Narasumber Rahman Sitorus saat memperlihatkan hasil rajutan lidi sawit dari kerajinan tangan peserta pelatihan. (Foto/Ist).

ABDYA l Puluhan ibu -ibu di Gampong (Desa) Keude Baroe Kecamatan Kuala Batee,Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya)yang menjadi peserta sangat antusias mengikuti pelatihan pemanfaatan limbah lidi sawet sebagai usaha mikro. Jum’at (3/12/2021).

Pelatihan tersebut merupakan program trobosan Dekranasda Abdya Melalui Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) dalam memberdayakan para ibu-ibu di Gampong (Desa)untuk pemanfaatan limbah disekitar sebagai pengembangan kerajinan tangan.

Kepala Diskoperindag Abdya Amri. AR melalui Kabid Koperasi dan UKM Irmansyah SP disela- sela kegiatan mengatakan, pelatihan kerajinan tangan tersebut bisa memberikan inovasi dan kreasi sehingga dapat membantu dan menompang ekonomi keluarga.

Kegiatan itu diikuti sebanyak 35 peserta tenaga terampil yang di dominasi oleh para ibu-ibu dengan dipandu langsung oleh dua pengrajin yaitu Rahman Sitorus dan Silvi Kotrunaga Sitorus, dari organisasi rumah kreatif labuhan batu asal Sumatera Utara.

“Ini adalah prospek yang baik untuk kedepannya. Instruktur dalam pelatihan ini kita datangkan orang yang sudah ahli dalam kerajinan lidi sawet dan organisasinya sudah pernah mendapat juara 4 nasional juga telah berhasil pasarkan produknya hingga ke luar negeri,” sebut Irmansyah.