Selain Digugat PHI, 8 Mantan Nakes RSU Bina Kasih Tagih Ijazah dan Uang Jaminan Kerja

oleh -1.613 views
Mantan Karyawan RSU Bina Kasih mendatangi management RSU Bina Kasih untuk menagih titipan ijazah asli dan sejumlah uang jaminan kerja, Sabtu(18/9/2021). (foto/Toni Hutagalung)

MEDAN| Delapan mantan karyawan RSU Bina Kasih mendatangi dan menagih titipan ijazah asli dan sejumlah uang jaminan kerja yang sebelumnya merupakan salah satu syarat utama untuk diterima bekerja di RSU Bina Kasih Jl TB Simatupang, Sabtu(18/9/2021).

Namun, mirisnya meski tidak lagi bekerja di RSU Bina Kasih ternyata para mantan pekerja itu belum menerima ijazah dan uang jaminan kerja sebagaimana tertera dalam surat kontrak (PKWT) yang telah disepakati bersama sebelum bekerja.

Tiopan Tarigan SH didampingi Roy Sinaga mengatakan pihak management RSU Bina Kasih diduga mempersulit para mantan tenaga kesehatan itu untuk mendapatkan kembali ijazah dan sejumlah uang jaminan kerja meski hal itu bertentangan dengan UU Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Azasi Manusia(HAM) dan Konvensi ILO Nomor 100 dan 111 tentang Diskriminasi.

“Sebagai acuan untuk agenda berikutnya, kami sudah bertemu dan sepakat dengan pihak perwakilan RSU Bina Kasih soal ijazah dan sejumlah uang jaminan kerja. Mudah mudahan secepatnya pengembalian ijazah dan sejumlah dapat direalisasikan sehingga para klien kami fokus bekerja ditempat lain,”ujar Roy Sinaga kuasa hukum para mantan nakes.

Vita Simbolon Am Keb mengaku kecewa dengan sistem kebijakan management RSU Bina Kasih tidak memberikan contoh yang baik bagi masyarakat luas sehingga kesannya mempersulit pengambilan titipan ijazah dan uang jaminan.

“Kami mohonlah jangan dipersulit mengambil ijazah. Saya jauh jauh datang dari Kota Siantar hanya untuk meminta hak saya namun kesannya dipersulit. Kami tidak bisa bekerja ditempat lain karena ijazah itu sangat penting. Padahal perjanjian di awal tak akan mempersulit pengambilan ijazah maupun uang jaminan. Uang jaminan itu bukan uang pribadi tapi kami pinjam dari saudara,”keluh Vita didampingi mantan rekan sejawatnya.