Sekdakab Sampaikan Ranperda Pertanggungjawaban Pelakasanaan APBD ke DPRD Palas

oleh -9 views
Sekdakab Palas, Arpan sampaikan Ranperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun 2020 ke DPRD Palas. (Foto/Ist).

Sekdakab Arpan Nasution S.Sos dalam pidatonya, penyampaian rancangan perda pertanggungjawaban pelksanaan APBD tahun 2020 merupakan salah satu kewajiban pihak eksekutif yang secara konstitusional harus dipenuhi untuk disampaikan dan di bahas bersama sama dengan pihak dewan .

Selain itu tambah Arpan, Ranperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD merupakan tanggung jawab moril secara konstitusi dan eksekutif selaku pemegang mandat pelaksanaan anggaran daerah untuk menyampaikan bebagai pelaksanaan program/ kegiatan tahun anggaran 2020. Sebagaimana di atur dalam dalam pasal 320 UU no 23 tahun 2014.

Dalam UU dimakaud lanjut Arpan, bahwa kepala daerah menyampaika ranperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD kepada DPRD dengan dilampiri keuanagan yang telah diperiksa oleh Badan pemeriksa Keuangan paling lambat 6 (Enam) bulan setelah tahun anggaran berakhir.

“Dengan rasa syukur kepada Allah SWT, Tuhan yang Maha Esa, laporan keuangan tahun anggaran 2020 telah selesai di periksa BPK RI perwakilan Sumut, Alhamdulillah berkat dari pada bulan suci Ramadhan Pemkab Palas masih bisa mampertahankan Opini Wajar Tampa Pengecualian (WTP). hal ini membuktikan bahwa kerja keras, disiplin serta ketaatan seluruh aparatur pemerintah dan dukungan dari segenap pimpinan dan anggota Dewan,” terangnya.

Penerimaan laporan hasil pemeriksaan oleh BPK RI perwakilan Sumatera Utara terhadap LKPD Kabupaten Palas tahun anggaran 2020 diterima Bupati Palas, H. Ali Sutan Harahap juga di hadri DPRD Palas pada tanggal 10 Mei 2021,” kata Arpan.

Reporter: Bocis