“Sang Pemimpin Berhasahaja”

oleh -147 views

Oleh : Bocis dan Tim

“Sang pemimpin bersahaja”. Seperti itulah mungkin suatu rangkaian kiasan kata yang pantas saya haturkan bersama rekan atau sahabat wartawan, kepada wakil Bupati Padang Lawas ( Palas) drg. H Ahmad Zarnawi Pasaribu, saat mengikuti kegiatannya melakukan kunjungan peninjauan lokasi bencana alam longsor, akibat terjangan arus deras sungai Apuk Torop, bersama masyarakat petani, di sekitar areal pertanian perkebunan kelapa sawit milik masyarakat, Desa Janjillobi, Kecamatan Barumun, Selasa (16/3/2020) semalam.

Banyak yang menjadi catatan untuk ditauladani dari rangkuman sifat Bersahaja pada keperibadian Wakil Bupati Padang Lawas drg. H Ahmad Zarnawi Pasaribu dikegiatan ini. Antara lain, sifatnya yang religius, murah hati, merakyat, serta penuh canda dan tawa dalam kondisi suasana seperti apapun. Meskipun sebenarnya, beliau dalam kondisi sakit pada kegiatan ini. Namun beliau berusaha untuk tetap terlihat tegar, menutupi kondisi kesehatannya yang kurang baik itu. Hingga kondisi kesehatannya tersebut, sama sekali tidak diketahui masyarakat para petani dan rombongan lainnya yang turut pada acara ini.

Dalam kondisi kesehatanya yang kurang baik itu, beliau juga terlihat tetap semangat, melangkahkan kaki bersama rombongan dan terus berfikir, mencari solusi untuk mengatasi keluhan atau aspirasi masyarakat petani kelapa sawit yang merasa sedih (berduka) akibat kejadian bencana alam longsor terjadi dilokasi areal pertanian mereka masing – masing ini. Dan berfikir mencari solusi bencana alam longsor yang juga telah berdampak kelokasi areal persawahan masyarakat di desa setempat ini. Dan telah mengakibatkan rusaknya akses jalan umum bagi masyarakat petani disekitar lokasi perkebunan kelapa sawit tersebut. Serta rusaknya bangunan saluran air bersih untuk kebutuhan masyarakat umum di desa setempat, diakibat terjangan arus deras sungai Apuk torop yang dipicu tingginya intensitas curah hujan, pada hari Jumat malam (16/3/2021) kemarin, disekitar areal lokasi pekebunan masyarakat tersebut.

“Bang, kalo bisa tolong bilangin sama saudara – saudara kita petani, bapak jangan ikut diajak kehulu sungai lagi ya bang. Karena biarpun sakit, bapak nanti akan tetap paksakan kondisi kesehatannya. Beliau .itu sangat respek. Biarlah rekan kita pegawai dinas terkait yang ikut bersama saudara – saudara kita. Dari laporan mereka nanti, baru dicari solusi bersama untuk mengatasi kondisi bencana alam ini, di tempat peristirahatan ya bang”. Bisik Adlan Ajudan Wakil Bupati Palas kepada salah seorang wartawan, usai meninjau salah satu lokasi titik longsor disela – sela kegiatan ini.

Dengan penuh semangat, melangkahkan kakinya bersama rombongan, beliau terlihat terus berfikir, mencari solusi untuk mengatasi keluhan atau aspirasi masyarakat petani kelapa sawit yang merasa sedih (berduka) akibat kejadian bencana alam longsor yang telah berdampak kelokasi areal persawahan masyarakat di desa ini. Juga mengakibatkan rusaknya akses jalan umum bagi masyarakat petani disekitar lokasi perkebunan kelapa sawit tersebut. Dan rusaknya bangunan saluran air bersih untuk kebutuhan masyarakat umum di desa setempat, akibat terjangan arus deras sungai Apuk torop pada hari Jumat malam (16/3/2021) kemarin.

“Semoga kegiatan ini diridhoi Allah SWT. Tetap tenang dan bersabar saudara – saudaraku semua. Saya yakin atas doa dan dukungan saudara – saudaraku nanti, kita akan bisa melewati bersama cobaan ini”.tutur Wabup usai peninjauan longsor dikegiatan ini.

“Dan saya harap kegiatan yang menyebabkan lonsor gunung dan banjir ke lokasi perkebunan ini supaya tetap dihindari bersama saudara – saudarku semua kedepan”.tambah Wabup.

“Kepada rekan – rekan dari dinas terkait, termasuk pagawai Dinas PU yang ikut dalam kegiatan ini, pelajari, data dan tindaklajuti kerusakan jalan akibat bencana alam ini, supaya aktivistas saudara – sadara kita kedepan tidak terhambat akibat kerusakan jalan, di lokasi perkebunan ini”.pesan Wabup kepada para perwakilan OPD Pemkab Palas yang turut dalam kegiatan ini.

Ucapan Terimakasih

Terkait kunjungan peninjauan ke lokasi longsor ini, Tokoh masyarakat Desa Janjilobi H Faisal Hasibuan dan tokoh adat H Kuria Hasibuan mewakili masyarakat desa setempat, mungucapkan terimakasih kepada wakil Bupati Palas drg. H Ahmad Zarnawi Pasaribu dan rombongan. Melalui kegiatan ini mereka berharap, hubungan silaturrahmi antara masyarakat dan pemerintah desa setempat dengan Pemkab Palas kedepan tetap berjalan dengan baik. Mereka juga menyatakan sikap, akan tetap mundukung program Bupati H Ali Sutan Harahap dan Wakil Bupati drg. H Ahmad Zarnawi Pasaribu, untuk mensukseskan program Pemkab Padang Lawas, untuk mewujudkan masyarakat Palas yang Beriman, Cerdas, Sehat, Sejahtera dan Berbudaya ( BERCAHAYA) kedepan. Serta mendoakan kesehatan yang diberkahi Allah SWT, terhadap Bupati Palas H Ali Sutan Harahap dan Wakil Bupati drg. H Ahmad Zarnawi Pasaribu, beserta keluarga masing – masing kedepan.

“Mudah – mudahan mereka juga ( Bupati H Ali Sutan Harahap dan Wakil Bupati drg. H Ahmad Zarnawi Pasaribu) meraih kesuksesan dalam memimpin Kabupaten Padang Lawas, sesuai dengan yang telah diamanatkan undang – undang dan harahapan kita semua masyarakat Palas, kedepan, amin”.tutup H Faisal Hasibuan.

Acara kegiatan kunjugan peninjauan lokasi longsor Wakil Bupati drg. H Ahmad Zarnawi Pasaribu ini, diikuti

Sekda Arpan Nasution, Asisten I Pemkab Palas H Panguhum Nasution, Plt Kaban BPBD Palas Nojul Hasibuan, Inspektur Palas Harjusli Fahri Siregar, Kepala Dinas ( Kadis) Perumahan, Kawasan Permukiman dan Perhubungan Palas Ronny Syaiful S.Sos, Kadis Pertanian Palas Falah Alfitri, Kabid Pengairan Dinas PU Palas Amir Han Hasibuan, Tokoh adat Kuria Hasibuan dan tokoh masyarakat lainnya, serta puluhan masyarakat petani, di desa setempat. ( Penulis adalah Wartawan orbitdiigital daily.com)