Resmikan Mapolsek Bandara Kualanamu dan Pantailabu, Bupati Deliserdang : Menunjang Tugas dan Fungsi Polri

oleh -16 views

DELISERDANG |

Dalam rangka mendukung atau menunjang tugas pokok dan fungsi Kepolisian Republik Indonesia (Polri) untuk memelihara keamanan, ketertiban, penegakan hukum, memberikan perlindungan, pengayoman serta pelayanan kepada masyarakat.

Maka, keberadaan Kepolisian Sektor (Polsek) perlu untuk diperhatikan dan diberdayakan. Agar masyarakat dapat menjalankan aktifitas sosial, ekonomi, budaya dan sebagainya dengan rasa tenang dan nyaman.

Demikian disampaikan Bupati Deliserdang Ashari Tambunan ketika peresmian Markas Kepolisian Sektor (Mapolsek) Bandara Kualanamu dan PantaiLabu, Selasa (13/4/2021), di Area Perkantoran Bandara Kuala Namu International Airport (KNIA)

“Hari ini kita meresmikan Polsek Bandara Kualanamu dan Polsek Pantailabu. Kita sepakati bersama, bahwa kegiatan ini sangat penting dan strategis. Karena, keberadaan kedua Polsek ini dapat meningkatkan kinerja, keamanan dan ketentraman masyarakat serta stabilitas sosial, khususnya dikawasan Bandara Kualanamu dan Kecamatan Pantailabu. Oleh sebab itu, dukungan dan sinergitas yang baik antara Polsek kawasan Bandara Kualanamu dan  polsek Pantai labu perlu terus ditingkatkan”, kata Bupati Deliserdang.

Dalam hal ini, Asahari Tambunan juga mengatakan, sikap Pemerintah Kabupaten Deliserdang adalah mendukung sepenuhnya. Karena, keberadaan Polsek tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat melalui kinerja masing-masing Polsek”.

Kemudian, sinergitas Pemkab Deliserdang bersama TNI dan Polri merupakan keharusan. Sebab, Pemkab Deliserdang membutuhkan dukungan dari TNI dan Polri untuk mewujudkan beberapa cita-cita dan program yang diupayakan dapat tercapai.

“Saya berharap dengan adanya peresmian Polsek ini, anggota Polri akan semakin bersemangat untuk memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat. Jadilah kantor polisi sebagai rumah bagi masyarakat dalam menyelesaikan setiap masalahnya”, harap Bupati Deliserdang. 

Sementara, Kapolresta Deliserdang, Komisaris Besar (Kombes) Yemi Mandagi SIK menerangkan, , peresmian Mapolsek Pantailabu dan Polsek Bandara Kualanamu merupakan instruksi Kapolri.  

Jadi, terang Kombes Yemi Mandagi, aturan yang mendasari ini adalah Surat Kepolisian Nomor : B/1278/II/OTL.1.1.1./2021, tertanggal 24 Februari 2021. “Perintah Kapolri, bahwa kalau bisa setiap Kecamatan harus memiliki satu kantor Polsek,” terangnya.

Selain itu, Kombes Yemi Mandagi mengharapkan, , dengan adanya Polsek Pantailabu dan Polsek Bandara Kualanamu,  dapat memberi kontribusi yang lebih optimal dalam menjaga Kamtibmas dan mempercepat pelayanan masyarakat. Khususnya, diwilayah Kecamatan Pantailabu dan  Bandara KNIA, umumnya pada wilayah hukum Polresta Deliserdang.

Kapolresta Deliserdang Kombes Yemi Mandagi juga menyampaikan bahwa,   Iptu Jonni H Damanik sebagai Kapolsek Bandara Kualanamu dan Iptu Sopar Sitorus sebagai Kapolsek Pantailabu.

Hadir dalam peresmian Polsek Bandara Kualanamu dan Pantailabu itu, Dandim 0204/DS  Letkol Kav Jackie Yudhantara, Wakapolresta  AKBP Julianto P Sirait, Wakil Ketua Pengadilan Negeri  Raden Heru Kuntodewo, Asisten I Citra Effendi Capah, Executive General Manager (EGM) PT Angkasa Pura II Cabang Kualanamu, Fajar Nugroho.

Kepala Otoritas Bandara Kualanamu Kolonel Pnb  Sarmanto, Kepala Kantor Bea Cukai  Elfi Haris,  Sekretaris Camat Pantai Labu Junaidi, Camat Beringin Wahyu Rismiana dan Danramil 23 Beringin Mayor Inf AH Pane.

Reporter : Dodi H Pohan