Rektor UIN Tegaskan Tak Ada Plagiasi

oleh -41 views
Rektor UIN Sumut Prof Syahrin Harahap didampingi WR III Nisful Khoir dan WD III FIS Yose Rizal Saragih, berfoto dengan sejumlah mahasiswa peserta aksi mogok makan, usai melakukan pertemuan di ruang rektor, Rabu malam (31/3/2021). (foto/Ist)

MEDAN| Rektor UIN Sumut Prof Dr H Syahrin Harahap MA menegaskan tidak ada Plagiasi seperti yang dituduhkan kepada dirinya . Hal itu disampaikan Syahrin ketika menerima Mahasiswa Komite Mahasiswa Anti Plagiasi UINSU (Komanpu), yang melakukan aksi mogok makan, Rabu malam (31/3/2021).

Syahrin yang ketika itu di dampingi Wakil Rektor (WR) III Nispul Khoir, Wadek II FIS Yise Rizal menjelaskan plagiasi tidak pernah terjadi, makalah berjudul ‘The Image of Indonesia in the world: An Interreligious Perspective’ itu saya yang menulis, diterjemahkan oleh teman saya, dan saya sampaikan di UTE University serta diterbitkan oleh majalah Hubungan Internasional Jerman.

“Dugaan plagiasi itu mengemuka, setelah ada orang lain yang menyebut makalah itu sebagai milik dua penulis, dan orang yang mengklaim sebagai penulis lainnya telah menyampaikan makalah itu di dalam negeri, tanpa sepengetahuannya. Padahal sebenarnya makalah itu adalah miliknya,” terang Syahrin.

Syahrin menyebut ini bukanlah masalah prinsipil, karena di dua makalah itu, baik yang terbit di dalam negeri maupun di luar negeri, tetap nama saya tercantum sebagai penulis. Terlalu mahal martabat UIN Sumut diganggu hanya karena masalah ini.

Karenanya, ia meminta semua pihak untuk menghentikan untuk memainkan isu ini sebagai isu plagiasi, karena hanya akan merusak citra UIN Sumut dimata masyarakat. Menurutnya, tidak ada yang perlu dipersoalkan dalam hal ini, karena ini adalah urusan antara dirinya dengan temannya.

“Masih banyak persoalan lain yang perlu kita benahi untuk memajukan UIN Sumut sebagai ‘UIN Kita’. Dan saya mengajak semua yang terlibat di UIN Sumut untuk bersama-sama mewujudkannya,” imbuhnya.