Razia Hiburan Malam, Satgas Covid-19 Temukan Narkoba Tak Jauh dari Mapolsek Medan Baru

oleh -1.533 views

MEDAN | Tim Satgas Covid-19 Medan – Binjai – Deli Serdang (Mebidang) kembali melaksanakan razia protokol kesehatan untuk menertibkan sejumlah diskotek hiburan malam di Kota Medan guna pencegahan penyebaran Covid-19, Minggu (11/10/2020).

Wakil Ketua Tim Satgas Covid-19 Mebidang Kolonel Inf Azhar Muliyadi menemukan sejumlah hiburan malam seperti bar, karaoke dan diskotek belum menerapkan pakai masker dan menjaga jarak interaksi sesuai arahan pemerintah pusat.

Kol Azhar didampingi Serka Erwin mengatakan sangat kecewa karena masih banyak pengunjung berhimpitan tanpa mematuhi protokol kesehatan, baik pengunjung ataupun pengusaha hiburan malam.

“Kami tidak pernah bosan menyampaikan kepada Bapak/Ibu semuanya, ini tugas kami menegakkan disiplin protokol kesehatan. Kami tidak akan mengganggu atau menghalangi aktivitas pengunjung, tetapi mohon dipatuhi aturannya. Dalam situasi Pandemi Covid-19, kita harus saling menjaga. Jangan sampai ada klaster baru gara-gara kita abai,” jelas Azhar.

Namun, sangat disayangkan, diskotik tak jauh dari Mapolsek Medan Baru, tim Satgas menemukan peredaran narkoba hingga akhirnya diserahkan ke Mapolsek Medan Baru, untuk proses tindak pidana.

Selanjutnya, tim gabungan TNI/Polri, OPD Pemprov dan Pemko Medan mendatangi tempat hiburan malam lainnya yang masih buka hingga pukul 03.30 WIB.

Adapun sasaran lainnya, tim kembali membubarkan pengunjung yang melebihi kapasitas dan ketentuan protokol kesehatan pada tempat hiburan karaoke maupun diskotek dan Bar di kawasan Jalan Asia, Jalan Gagak Hitam Ringroad karena jarak interaksi kurang dari 1 meter.

“Yang lain juga masih ada. Secara bertahap kami mengingatkan dengan teguran-teguran (tertulis). Malam ini rasanya kami tidak sia-sia, Satgas tetap berjalan dan semua personel kondisinya baik,” sebut Azhar.

Pengelola Hiburan Minim Kesadaran

Kemudian, persoalan lainnya, Tim Satgas Covid-19 menyebutkan pengelola hiburan malam mengaku sulit melarang membatasi jumlah pengunjung meski batas tanda silang dilarang duduk, diabaikan pengunjung.

“Kita sudah sediakan alat pengukur suhu tubuh dan tempat cuci tangan. Kami mohon maaf, nanti akan kita batasi betul pengunjungnya di sini,” kata salah seorang pengelola bar di kawasan Jalan Gagak Hitam.

Terpisah Kapolsek Medan Baru Kompol Aris Wibowo SIK ketika dikonfirmasi orbitdigitaldaily.com lewat sambungan Whatsap, Senin (12/10/2020) sehubungan temuan tim Satgas Covid -19, peredaran narkoba tak jauh dari Mapolsek Medan Baru belum ada tanggapan hingga berita ditayangkan.

Game Ikan Semakin Marak

Sebelumnya, Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Mebidang membubarkan puluhan pengunjung game ikan dan dindong di Jalan Veteran Komplek BTC, Marelan, Jumat (9/10/2020) malam.

Namun, Tim Satgas hanya membubarkan pengunjung tanpa mengamankan pemilik game ikan sebab tidak berada di lokasi. Kehadiran satgas hanya memastikan menerapkan protokol kesehatan pada adaptasi kebiasaan baru (AKB) Covid -19.

“Saat pandemi seperti ini, tidak ada yang melakukan protokol kesehatan, luar biasa. Ada 11 pengunjung baik pria dan wanita yang sedang bermain dindong dan game ikan tidak mengenakan masker,” ujar Kolonel Azhar, Koordinator Tim I Satgas Covid-19 Mebidang.

Selanjutnya, Tim Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19 yang terdiri dari unsur TNI, Polri, Satpol PP, Petugas Dinas Pariwisata Medan dan BPBD Sumut melanjutkan patroli ke Mas Cafe dan Pasar Raya Rakyat (PPR) Night Market Marelan, yang berada di Jalan Marelan Raya Tanah 600.

Tapi anehnya, sebagian besar tempat usaha, target Tim Covid-19 merupakan tempat usaha telah mendapat teguran dari Tim Satgas Covid-19 Mebidang sebelumnya.

Marelan Night Market yang sebelumnya mendapat teguran tertulis pada 19 September oleh Tim Satgas Covid-19, sudah menerapkan protokol kesehatan saat ditemui satgas.

“Alhamdulillah, setelah kita berikan teguran Marelan Night Market sudah merespon positif walau masih ada beberapa pelanggaran. Tetapi, itu cukup baik, kami berterima kasih mudah-mudahan bisa ditingkatkan dan ikuti pengusaha lainnya,” ungkap Azhar.

Letda Bambang Pitiyo kordinator Tim II bergerak ke Jalan Platina Raya, memberikan sanksi fisik kepada 8 orang yang melintas di sekitar Jalan Platina Raya karena tidak mengenakan masker dan teguran tertulis kepada Inul Vizta Karaoke, Cafe Kongkow, dan Five Nine Garden.

Total, pada razia Jumat malam Tim Satgas Covid-19 Mebidang melayangkan 4 teguran tertulis kepada pemilik usaha, 12 orang sanksi fisik dan 1 orang non fisik.

Reporter : Toni Hutagalung