Rakor DPB, Pemilih di Sumut Bertambah 30.451

oleh -11 views
Komisioner KPU Sumut Yulhasni MSi (foto/Ist)

MEDAN| Daftar Pemilih di Sumatera Utara mengalami penambahan sebanyak 30.451 pemilih. Semula dalam Rakor Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Triwulan I pada 24 Mei 20201 ditetapkan jumlah pemilih sebanyak 9.794.296 pemilih, Kamis (10/6/2021) dalam rapat pleno internal KPU Sumut yang dilaksanakan secara virtual, DPB ditetapkan pemilih berjumlah 9.824.747.

Menurut Ketua KPU Sumut, Herdensi yang membuka rapat pleno tersebut, kenaikan jumlah pemilih di Sumatera Utara tersebut karena jajaran KPU Kabupaten/Kota selalu aktif melakukan berbagai terobosan untuk proses pendataan pemilih. ‘’Ke depan kita berharap pergerakan data tersebut dapat bersumber dari masyarakat,’’kata Herdensi. Dijelaskannya, partisipasi akfif masyarakat sangat dibutuhkan KPU agar pendataan pemilih tidak lagi bersifat sentralistik.

Dalam rapat pleno yang dihadiri seluruh Anggota KPU Sumut, Sekretaris KPU Sumut Irwan Siregar, Kabag PDOS dan jajaran staf divisi program dan data KPU Provinsi Sumut tersebut, jumlah DPB Provinsi Sumut untuk periode Mei 2021 sebanyak 9.824.747 pemilih. Adapun rinciannya, untuk jumlah pemilih laki-laki sebanyak 4.850.956 dan jumlah pemilih perempuan sebanyak 4.973.791 yang tersebar di 33 Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara.

Sementara Anggota KPU Sumut Divisi Data dan Informasi, Yulhasni mengatakan, hasil rapat pleno rutin akan disampaikan ke partai politik, stakeholder dan masyarakat umum. ‘’Oleh karenanya kita meminta sosialisasi ini dilakukan oleh seluruh KPU Kabupaten/Kota di Sumatera Utara agar perkembangaan pendataan pemilih di Sumatera Utara dapat diketahui masyarakat,’’kata Yulhasni.