Puluhan Sekolah di Aceh Singkil Gelar Pementasan Kesenian Daerah Binaan GSMS

oleh -15 views
Pentas seni penampilan Tarian Dampeng dan Tarian Canang Kayu, kesenian khas Aceh Singkil oleh SMP Muhammadiyah Singkil, Rabu (24/11/2021). (fotoa/ist)

ACEH SINGKIL| Puluhan sekolah setingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) memamerkan berbagai karya seni, sekaligus pementasan kesenian kebudayaan daerah Aceh Singkil.

Kegiatan yang dilaksanakan Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Aceh Singkil, dilaksanakan di halaman Gedung PGRI Desa Gunung Lagan Kecamatan Gunung Meriah, Rabu (24/11/2021).

Ada tujuh bidang seni dan budaya yang diajarkan dari sebanyak 40 seniman dan 40 orang asisstennya masing-masing dan akan ditampilkan dalam pementasan seni tersebut. Meliputi, Seni Musik, Seni Tari, Seni Vokal, Seni Media, Seni Lukis, Seni Rupa dan Seni Teater, kata Kabid Kebudayaan Disdikbud Aceh Singkil M Najur saat dikonfirmasi Orbitdigitaldaily di sela-sela penampilan Tari Dampeng dari SMP muhammadiyah Singkil.

Kegiatan ini merupakan Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) yang merupakan Program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ristek, yang telah ditandatangani bersama MoU 3 bulan lalu.

Dengan adanya kegiatan GSMS untuk pembinaan tujuh bidang seni ini, Kemendikbud Ristek telah mengucurkan anggaran senilai Rp760 juta, untuk 40 seniman dan 40 asisten seniman yang tersebar di 40 sekolah SD dan SMP di Kabupaten Aceh Singkil.