Proyek Pengendalian Banjir Aek Hoda Samosir Rp1 M Dilapor ke Inspektorat Sumut

oleh -437 views

MEDAN|Proyek Rehabilitasi/ Perbaikan dan Pembangunan Infrastruktur Pengendalian Banjir dan Pengamanan Sungai/ Pantai pada Sungai Aek Hoda/ Silinta, dimenangkan CV. Orlando Tunggal Putra jadi sorotan publik.

Pasalnya, proyek bersumber APBD Pemprov Sumut Tahun Anggaran (TA) 2019 dengan pagu senilai Rp 1.057.752.049, secara resmi dilaporkan LSM Gerakan Rakyat Anti Korupsi(GERTAK) ke Inspektorat Provinsi Sumatera Utara namun hingga surat konfirmasi lanjutan pada tanggal 10 Mei 2021 dan bahkan hingga kini belum ditanggapi Inspektorat Sumut.

Ironisnya, Satuan Kerja (Satker) Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang Sumut diduga lalai melakukan pengawasan pelaksanaan pekerjaan sehingga kondisi bangunan dinding sungai tampak retak memanjang dan keropos.

Selain itu, pembuatan cek dam dan penguatan tebing sungai sepanjang 100 meter dengan volume pekerjaan hanya 67 meter kubik (M3) terindikasi tidak sesuai kualitas dan kuantitas pekerjaan maupun spesifikasi teknis dan kerangka acuan kerja (KAK) sehingga pekerjaan tampak asal jadi.

“Kita minta Inspektorat Sumut melakukan pemeriksaan dan jawaban klarifikasi secara terbuka terkait laporan kami sebelumnya belum mendapat jawaban hingga kini,”ujar Hendra Hutagalung kepada Orbitdigitaldaily.com, Selasa(12/10/2021.

Ketua Umum LSM GERTAK Hendra Hutagalung mengatakan pihaknya mendapat laporan masyarakat bahwa pekerjaan pembuatan Cek Dam dan Perkuatan Tebing Sungai sepanjang 100 meter di Kecamatan Nainggolan Kabupaten Samosir diduga bermasalah dan luput pengawasan pemerintah.

“Laporan ini sebagai bentuk upaya pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi di sektor infrastruktur sehingga dana yang dikucurkan pemerintah tepat sasaran dan mampu meningkatkan ekonomi rakyat. Untuk itu kita minta Inspektorat Sumut mengevaluasi seluruh kinerja bawahannya agar lebih profesional melayani laporan masyarakat. Sangat kita sayangkan juga laporan ini terkesan mengendap,”sebut Hendra usai mendatangi Kantor Inspektorat Sumut Jalan KH Wahid Hasyim Nomor 8 Medan.