Prihatin Lihat Sampah di Pulau Banyak, Relawan Asing Sumbang Ini!

oleh -460 views
Tempat sampah yang disediakan para relawan asing di Desa Ujung Sialit dan Haloban.

Singkil-ORBIT: Sampah plastik semakin hari terus menumpuk dan berserakan di lokasi pantai Kecamatan Pulau Banyak Barat, Kabupaten Aceh Singkil. Padahal lokasi ini menjadi objek wisata yang digemari wisatawan, khususnya mancanegara.

Prihatin melihat kondisi ini, relawan dari Blue Life Program asal Republik Ceko dan Slovakia langsung bertindak. Mereka menyediakan tempat sampah dari batangan besi bulat dan karung plastik sebanyak 300 unit. Tempat sampah ini diserahkan kepada Desa Ujung Sialit dan Desa Haloban, Kecamatan Pulau Banyak Barat.

Sumbangan ini diharapkan bisa dimanfaatkan warga sebagai wadah untuk mengumpulkan sampah plastik, sehingga bisa meminimalisir jumlah sampah yang di buang ke laut.

Zbynek Hrabek, Koordinator Blue Life Program mengatakan, Program yang didanai dari sumbangan suka rela warga Ceko yang peduli dengan isu lingkungan ini juga akan menyediakan kapal untuk mengangkut sampah yang terkumpul ke daratan.

“Dua minggu sekali sampah-sampah ini akan diangkut dengan kapal relawan dari negara Republik Ceko dan Slovakia yang selama ini rutin mengutip sampah dari sekitar pulau-pulau ini”, kata Zbynek.

Blue Life Program, memfokuskan diri pada penanganan sampah plastik karena kondisi sampah Indonesia dan dunia yang kian memprihatinkan. “Dua tahun terakhir kami melibatkan para relawan dari Republik Ceko dan Slovakia untuk mengutip sampah dari wilayah ini, mereka datang dengan biaya sendiri, kami mengkoordinir”, ungkap Zbynek.

Blue Life Program juga melakukan kegiatan edukasi lingkungan kepada anak-anak di sekolah-sekolah disekitar pulau ini, “Ini masalah bersama, dana nya kami kumpulkan dari sumbangan suka rela masyarakat biasa di Republik Ceko yang peduli dan merasa terpanggil dengan isu lingkungan, jadi bukan dari perusahaan, NGO, atau negara”, ungkap Zbynek.

Data dari Kementrian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan, Indonesia kini menjadi penyumbang sampah nomor dua terbanyak didunia. Produksi sampah Indonesia kini telah mencapai 65,8 juta ton, 16 persennya adalah sampah plastik, yang berpotensi besar mengganggu keseimbangan alam. On-Ms