Poldasu OTT Tiga Pelaku Pungli Supir Truk di Langkat

oleh -496 views
Ketiga Tersangka saat diamankan di Polres Binjai untuk dimintai keterangan awal.

Medan-ORBIT: Kasus Pungutan liar (Pungli) semakin menjamur. Bukan hanya masyarakat umum, di Langkat, ratusan supir truk yang melintas di jalan Jamin Ginting, Bandar Sakti juga menjadi korban.

Berawal dari informasi korban dan masyarakat setempat, pelaku akhirnya terciduk Tim Tipikor Poldasu, Selasa (10/7/2018) malam. Ketiga tersangka yang diamankan yakni Kevin Tarigan (21), Jaya Putra Bangun (31) dan Abdinta Tarigan (38). Ketiganya adalah Warga Desa Bandar Sakti Kecamatan Sirapit, Kabupaten Langkat.

Ditreskrimsus Poldasu melalui Kasubdit Tipikor AKBP Doni Sembiring SIK kepada Orbit, Rabu (11/7/2018) mengatakan ketiga tersangka sudah beraksi melakukan pengutipan liar selama 2 Tahun lamanya. Bahkan, dalam sehari bisa meraup keuntungan mencapai Rp7 juta, pasalnya mereka mengutip Rp35 ribu dari setiap truk yang melintas.

“Sesuai fakta ketiga tersangka tertangkap tangan saat menerima sejumlah uang dari para sopir truk yang melintas membawa material galin C, mereka meminta uang senilai Rp30 ribu sampai Rp35 ribu,” ujar Doni.

Menurutnya, ada sekitar 220 truk yang melintas setiap harinya. Maka diperkirakan sehari, para pelaku pungli tersebut bisa menerima uang hingga Rp6.600.000. Hal ini jelas merugikan, apalagi sudah berlangsung selama dua tahun.

“Jika dihitung penghasilan mereka dari kutipan Rp6.600.000 x 30 hari, maka kutipan mereka bisa mencapai Rp198.000.000 setiap bulannya, bagaimana jika ditotal selama setahun?” tambahnya.

Untuk itu, lanjut Doni, bermodal laporan masyarakat, pihaknya langsung monitor dan bertindak tegas terhadap pungli tersebut. “Berdasarkan perintah Ditreskrimsus Kombes Pol Toga Panjaitan, Saya bersama personil Ditreskrimum Poldasu langsung amankan para pelaku,” tambah Doni.

Turut diamankan barang bukti berupa uang tunai Rp1.915.000, dan pisau cutter serta kumpulan dua rekap bon sebagai modus meminta uang, dan satu unit truk pengangkut material galian C. “Saat ini ketiga tersangka lagi dimintai keterangan untuk pemeriksaan lebih lanjut,” tutup Doni. Om-Tom