PLTM Lawe Sikap Buktikan Air Tetap Mengalir, PDAM Tirta Agara “Jangan Asal Bunyi”

oleh -88 views

Dermawan mewakili PLTM Lawe Sikap memberikan saran, diantaranya 1. PDAM segera mengurus perizinan ke Kementerian PUPR untuk pemasangan sambungan pipa air yang akan melintasi aliran Lawe Sikap, ke outlet, 2 pipa HDPE saluran air baku yang telah disiapkan oleh PLTM Lawe Sikap, sesuai dengan desain awal IPA. Mengingat alur sungai
dan area di dalam Garis Sepada Sungai adalah milik Negara Republik Indonesia melalui Kementrian PUPR, maka diperlukan rekomendasi teknis dan ijin dari Kementrian PUPR.

Ke 2. Melakukan pembinaan kepada pegawai-pegawai PDAM, dan atau melakukan penggantian
pegawai PDAM yang merusak citra PDAM; dan ke 3. Melakukan integrasi saluran distribusi air minum di Kutacane, sehingga memenuhi kebutuhan seluruh kebutuhan pelanggan di seluruh Kutacane, dengan mengambil sumber air dari 6 IPA yang saat ini telah dibangun, dimana IPA tersebut menggunakan sumber air baku dari beberapa sungai, antara lain: A. Lawe Sikap : 2 unit Instalasi IPA; B. Lawe Harum : 2 unit Instalasi IPA; C. Lawe Sigala : 1 unit Instalasi IPA; D. Ngkeran : 1 unit Instalasi IPA.

Sebelumnya diberitakan PDAM Tirta Agara, kekurangan pasokan air bersih dari Sungai Lawe Sikap. Akibatnya, pelanggan PDAM di Kecamatan Babussalam kekurangan pasokan air bersih.

Direktur PDAM Tirta Agara, Edi Sabara, keterangan rilisnya, Sabtu, 22 Mei 2021) mengatakan, pelanggan PDAM Kecamatan Babussalam kekurangan pasokan air bersih.


Hal ini, karena pihak PLTMH Lawe Sikap menutup sebagian bendungan tanpa memberikan debit air sedikitpun ke pelanggan PDAM Tirta Agara. Air itu dialihkan pihak PLTMH Lawe Sikap ke turbin hampir tanpa sisa untuk PDAM Tirta Agara.rel