PLN Bangun PLTA Asahan 3 di Sumut

oleh -13 views

MEDAN| Guna mewujudkan komitmen pemanfaatan Energi Baru dan Terbarukan (EBT), PLN tengah membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Asahan 3 yang berkapasitas 2×87 Mega Watt (MW). Proyek Strategis Nasional ini terletak pada 2 (dua) Kabupaten, yakni Kabupaten Asahan dan Kabupaten Toba, Sumatera Utara.

Diupayakan beroperasi pada Maret 2024, pembangunan PLTA ini memiliki nilai investasi sebesar Rp 5 Triliun.

“Proyek ini juga wujud nyata transformasi PLN melalui aspirasi Green, dengan terus meningkatkan bauran energi baru terbarukan (EBT), seiring dengan terus bertumbuhnya kebutuhan energi listrik,” terang Direktur Mega Proyek dan Energi Baru Terbarukan PLN, M Ikhsan Asaad.

Di tengah kondisi pandemi Covid-19, proyek ini tetap berjalan normal dengan mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan ketentuan Pemerintah.

“Pada bulan Februari 2021, sungai Asahan telah berhasil dialihkan ke river diversion channel, sehingga pembangunan bendung gerak (intake weir) dapat segera dilaksanakan. Sementara pada sisi hilir, pekerjaan ekskavasi rumah pembangkit bawah tanah (Powerhouse) yang dimulai sejak bulan Juni tahun 2020, telah dinyatakan selesai pada Mei 2021,” terang Ikhsan Selasa (15/6/2021)