Petani Aceh Singkil Mulai Melirik Komoditas Serei Wangi

oleh -95 views
Tanaman serei wangi yang sangat cocok dibudidayakan di Aceh Singkil

ACEH SINGKIL| Tanaman seperti semak belukar serei wangi ternyata memiliki banyak manfaat menjadi berbagai bahan olahan. Bahkan hasil olahannya sudah banyak di ekspor hingga mancanegara. Diantara Singapura, Jepang, Australia, Meksiko, India, Taiwan, Amerika Serikat, Prancis, Inggris, Jerman dan Spanyol.

Para petani di Aceh Singkil pun kini mulai mencoba untukmembudidayakan komoditas Serei Wangi ini. Di Kabupaten Aceh Singkil sejumlah petani mulai membudidayakan tanaman ini dihamparan luas. Karena komoditas ini terbilang menjanjikan menjadi peluang usaha masyarakat yang dapat diolah menjadi minyak ekstrak serta teh herbal untuk kesehatan.

Kabid Industri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Koperasi dan UKM (Disperindagkop) Syahril kepada Orbitdigital, Senin (29/3/21) menjelaskan, petani di Kecamatan Suro Aceh Singkil mulai mengembangkan komoditas Serei Wangi.
Selain budidaya sekala menengah, petani di Kecamatan Suro ini juga sudah melakukan pengolahan langsung secara manual menjadi minyak ekstrak Serei.