Pertengahan Ramadan: Harga Kebutuhan Stabil, Telur Berfluktuasi

oleh -8 views

MEDAN| Sampai menjelang pertengahan  bulan puasa, harga berbagai bahan kebutuhan relatif stabil, kecuali telur.
Harga sayuran misalnya dalam sepekan terakhir tidak menunjukan gejala yang bisa membuat resah emak emak. Berdasarkan pantauan Minggu (25/4/2021) diperoleh informasi dari beberapa pusat perbelanjaan di  Medan, seperticabe masih rata rata di bawah Rp30.000/Kg. Pasalnya pedagang menawarkan Rp7.000/seperempat kilogramnya.

Demikian juga dengan bawang rata rata ditawarkan padagang di pusat perbelanjaan masih di bawah Rp30.000/Kg. Atas kondisi seperti ini, konsumen berharap bisa bertahan sampai Lebaran nanti. Sedangkan para pedagang menyebutkan tidak berani menjamin.

Telur Fluktuasi

Sementara harga telur masih terus mengalami fluktuasi alias naik turun namun masih dalam batas logis dan tidak mempengaruhi pasar. Pedagang rata rata menawarkan Rp1.100 – Rp1.400/butir atau naik Rp100 tiap butirnya.

Ayam pedaging sampai hari ini masih stabil di bawah Rp25.000/Kg, sedangkan ikan juga masih stabil sejalan dengan jumah pasokan yang memadai di pasaran.

Namun demikian, pedagang mengingatkan bisa saja tiba tiba mengalami kenaikkan, sebab saat ini sedang musim penghujan yang bisa mengganggu distribusi dan hasil panen petani, ditambah lagi junlah permintaan dipastikan meningkat sehubungan semakin dekatnya Idul Fitri. (Karyadi Bakat)