Persiapan UNKB SMP/Sederajat, Disdik Singkil Pinjam Komputer SMA

oleh -357 views
Siswa/siswi setingkat SMK mengikuti UNBK, 23-28 Maret 2019, di SMK Kecamatan Gunung Meriah. ORBIT/Helmi

Singkil-ORBIT: Persiapan pelaksanan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) setingkat SMP di Kabupaten Aceh Singkil, telah rampung 100 persen.

Kendati Dinas Pendidikan Aceh Singkil terpaksa meminjam perangkat komputer untuk tambahan fasilitas UNBK SMP sederajat dari beberapa sekolah SMA setempat untuk dipakai ujian, 22 sampai 25 April 2019.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh Singkil Yusfik Helmi melalui Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Murmo DM, Jumat (5/4/2019).

Kata Murmo, panitia UNBK telah mempersiapkan tempat dan fasilitas untuk persiapan ujian. Kendati, meski sebagian perangkat komputer ujian dipinjam dari sekolah tingkat SMA sederajat terdekat.

Untuk persiapan lainnya, Dinas Pendidikan dan panitia penyelenggara  juga sudah menyiapkan tenaga tekhnis yang terlatih (vektor) untuk mensukseskan kelancaran UN tersebut.

“Apabila ada kendala nantinya mengenai teknis, maka tim vektor sudah siap mengatasi persoalan teknis yang mengganggu kelancaran ujian,” sebut Murmo.

Dijelaskannya, berjumlah 2.640 siswa/siswi dari 47 Sekolah Menengah Pertama (SMP) termasuk Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTs) Se- Kabupaten Aceh Singkil yang akan bertarung menghadapi UNBK. “Kita juga sudah siapkan dan melatih tenaga teknis yang akan kita kirim untuk mengawal kegiatan UN ini nanti,” bebernya.

Di samping itu katanya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Singkil juga telah menyurati PLN setempat. Agar pihak PLN  tidak melakukan pemadaman dan Pemeliharaan listrik  saat berlangsungnya UNBK 22-25 April mendatang.

Terpisah, Kepala Kemenag Aceh Singkil H Salihin Mizal melalui Kasie Pemdis Kemenag setempat Halimsyah menyebutkan, sebanyak 214 siswa/siswi MTS dari 8 sekolah yang tersebar di Kabupaten Aceh Singki di bawah bimbingan Kemenag juga sudah siap seratus persen melaksanakan dan mengikuti UNBK tersebut. On-MS/AH