Peringati HUT DPC GOPTKI Deliserdang Ke- 64 , Yunita : Mananamkan Aspek Pendidikan Generasi Emas

oleh -4 views

DELISERDANG |

Semakin bertambahnya usia Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-kanak Indonesia (GOPTKI), diharapkan lebih proaktif lagi untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sejak usia dini, yang termasuk usia emas.

“Harapan itu sesuai dengan  thema pada hari ini yaitu, GOPTKI  memiliki posisi strategis untuk menanamkan aspek- aspek pendidikan pada generasi emas”, kata Ny Hj Yunita Ashari Tambunan pada peringatan Hari Ulang Tahun Dewan Pimpinan Cabang (DPC) GOPTKI Kabupaten Deliserdang Ke-64, Rabu (7/4), di Gedung Serbaguna PKK Lubuk Pakam.

Hadir dalam acara itu,  Ketua DPC GOPTKI Kabupaten Deliserdang Ny Hj Sri Pepen Yusuf Siregar, Pelakasantugas (Plt)  Kepala Dinas (Kadis) Pengendalian Penduduk  Keluarga Berencana (P2KB) dan  Pemberdayaan Perempuan dan  Perlindungan Anak (P3A) Miska Gewasari, mewakili Kepala Dinas Pendidikan, ,mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama, Ketua  Ranting GOPTKI Kecamatan se Kabupaten Deli serdang.

Sebagai Penasehat DPC GOPTKI Kabuapten Deliserdang, Yunita Ashari Tambunan mengatakan, HUT GOPTKI Ke-64 ini hendaknya menjadi momen evaluasi untuk meningkatkan peran memajukan kualitas anak didik yang tidak hanya sehat secara fisik, tapi juga memliki akhlak mulia dan pendidikan berkualitas.

“Pendidikan pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-kanak Raudhatul Athfal (TK/RA), tidak hanya menjadi tanggung jawab guru di sekolah tapi juga tanggung jawab orang tua dan pengurus GOPTKI”, katanya.

Yunita Ashari Tambunan berharap, kepada ibu-ibu pengurus Dewan Pimpinan Ranting GOPTKI yang berada di 22 kecamatan di Kabupaten Deliserdang, mampu menjadi organisasi yang mendorong terwujudnya perlindungan hak-hak anak. Perlindungan maupun pemenuhan hak mendapat pendidikan harus bisa di rasakan oleh semua anak, baik yang ada di kota maupun di pedesaan.

Yunita Ashari Tambunan juga menyampaikan, bahwa GOPTKI merupakan gabungan organisasi dari berbagai yayasan atau lembaga yang mengurusi masalah penyelenggara TK/RA secara nasional. Organisasi ini sudah genap berusia 64 tahun, maka untuk  menciptakan bangsa yang kuat dan negara yang makmur perlu adanya peningkatan kualitas dan kapasitas melalui sumber daya manusia yang unggul.

 Untuk mencapai hal tersebut, sambung Penasehat DPC GOPTKI Deliserdang,  di perlukan penataan terhadap organisasi secara menyeluruh. Terutama terkait dengan susunan kepengurusan dan program kerja yang akan dilaksanakan. 

Oleh karena itu, ungkap Yunita Ashari Tambunan, sebagai bentuk kesungguhan kita dalam memajukan dan melindungi hak dasar anak, khususnya dalam hal pendidikan, pada kesempatan mengharap kepada tiga komponen pendidikan pra sekolah yaitu, komponen PAUD, yaitu  Dinas Pendidikan, GOPTKI dan IGTKI/IGRA, agar dapat bekerja sama dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani anak didik di luar lingkungan keluarga sebelum memasuki pendidikan dasar, pendidikan anak pra sekolah.

Reporter : Dodi Hamzah Pohan