banner 728x250

Peringatan HUT RI ke 77, Pemkab Madina Gelar Upacara Penghormatan dan Malam Renungan Suci

Upacara penghormatan dan renungan suci di makam Pahlawan.(orbitdigitaldaily.com/Sulaiman Nasution)

MADINA | Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal (Madina) menggelar upacara penghormatan dan malam renungan suci di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Sayur Maincat, Kecamatan Kotanopat, Rabu (17/8/2022) pukul 00.00 WIB dini hari.

Upacara penghormatan dan malam renungan suci dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke 77, dipimpin oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Madina Novan Hadian.

Upacara diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, dan dilanjutkan pembacaan teks apel kehormatan dan renungan suci oleh inspektur upacara, yang disertai dengan pemadaman lampu.

Diketahui di TPU Desa Sayur Maincat, Kecamatan Kotanopan tersebut ada empat makam Pejuang Veteran, yakni alm. Muhammad Ilyas Parinduri, lahir 1920 wafat 1999, alm. H. Ahmad Yasin Lubis lahir 31 Desember 1925 wafat 2004, alm. Darwis Thaib lahir 15 Februari 1927 wafat 27 Februari 2008 dan alm. Amir Rajab Parinduri Lahir 15 Juli 1928 wafat 2011.

Kajari Madina Novan Hadian pada kesempatan tersebut menyampaikan rasa syukur upacara penghormatan dan malam renungan suci berjalan dengan khidmat.

“Alhamdulillah upacara pada malam ini berjalan dengan lancar, dan bisa kita selesaikan tahap demi tahap dalam memperingati detik detik proklamasi,” kata Novan.

Dalam peringatan HUT RI ini Novan berharap Indonesia pulih lebih cepat dalam perekonomian dan bangkit lebih kuat, dan jadi bangsa yang maju.

“Mudah-mudahan bisa pulih lebih cepat, dan jadi bangsa yang maju seperti yang diharapkan pak Presiden Ir jokowi,” tuturnya.

Pada upacara penghormatan dan malam renungan suci turut hadir Wakil Bupati Madina Atika Azmi Utammi, unsur Forkopimda, pimpinan OPD, Muspika Kecamatan Kotanopan, dan diikuti TNI/Polri.

Reporter : Sulaiman Nasution