Peringatan Hari Dharma Samudera 2022 di Langkat

oleh -137 views
Peringatan Hari Dharma Samudera 2022 di Langkat. (Foto/Ist).

LANGKAT I Pasukan Yonif 8 Marininir (Mar) melaksanakan upacara dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera 2022, di Lapangan Bola Yonif 8 Mar Tangkahan Lagan, Pangkalan Berandan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Sabtu (15/1/2022).

Upacara peringatan Hari Dharma Samudera tahun 2022 dipimpin langsung Danyonif 8 Mar Letkol Mar Farick, M. Tr. Opsla. Peringatan tersebut diawali dengan pengibaran bendera merah putih, mengheningkan cipta, dan dilanjutkan dengan pembacaan sejarah pertempuran Laut Aru dan amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal). Adapun yang bertindak sebagai Komandan Upacara saat itu, yakni Lettu Mar Esau Lucky Yahya Frisan, yang sehari-hari menjabat sebagai Wadanki Senapan D.

Dalam amanat Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yang dibacakan Danyonif 8 Mar mengatakan, bahwa upacara yang diselenggarakan setiap tahun ini, adalah momentum peringatan Hari Dharma Samudera, dengan harapan kiranya memacu kita untuk menghayati, meresapi dan meneladani nilai-nilai patriotisme, heroisme, serta kepemimpinan yang telah diwariskan oleh para pejuang-pejuang samudera dalam pengabdiannya kepada bangsa dan negara tercinta.

“Meskipun tantangan yang kita hadapi hari ini tidak persis sama dengan masa yang lalu, namun prinsip dan nilai-nilai kepahlawanan tidak akan pernah berubah. Apapun tantangan yang kita hadapi sekarang dan maupun yang akan datang. Kapanpun tugas negara memanggil, akan kita pertaruhkan jiwa dan raga di bawah panji merah putih. Selaras dengan semangat “JALESVEVA JAYAMAHE”, yang sering diterjemahkan “justru di laut kita jaya”.

“Saya berharap agar setiap peringatan Hari Dharma Samudera dapat menginspirasi bangsa Indonesia untuk terus membangun dan membangkitkan kembali kejayaan sebagai bangsa pelaut, bangsa yang irama nafasnya seiring dengan irama gelombang samudera,” pungkasnya.

Reporter: Susanto