Pengungsi : Tuhan Jamahlah Mereka, 2 Tahun Sudah Bantuan Isian Rumah dan Jadup Tak Kunjung Ada

oleh -184 views
Beru Milala (80), pengungsi asal desa Berastepu yang dikonfirmasi orbitdigitaldaily.com di Hamparan Ture Ture desa Ndokumsiroga, Kecamatan Simpangempat

TANAH KARO | Puluhan pengungsi korban letusan Gunung Sinabung asal Desa Berastepu, Kecamatan Simpangempat, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, menagih janji pemerintah untuk segera menyalurkan bantuan isi rumah (Penjayon-Bahasa Karo) dan jatah hidup (Jadup). 

Ada sebanyak 71 KK yang tinggal di Hamparan Ture Ture desa Ndokumsiroga, Kecamatan Simpangempat, mengaku belum menerima bantuan isian rumah dan Jadup. Padahal mereka sudah hampir dua tahun menempati rumah yang diberikan pemerintah itu dalam program relokasi tahap 2 (Relokasi Mandiri).

Perempuan renta, berumur 80 tahun bernama Beru Milala yang ditemui orbitdigitaldaily.com di tempat relokasi pengungsi tersebut menuturkan, sudah beberapa kali warga desanya mempertanyakan masalah ini kepada pemerintah setempat, namun sampai saat ini tidak ada realisasi.

“Enggo rusur sungkuni kami, tapi lalap lalit (Sudah sering kami tanyakan, tapi sampai sekarang belum disalurkan),” katanya kepada orbitdigitaldaily.com, Jumat (9/4/2021).