Pengembangan Wisata Puncak Lolomatua dan Industri Kecil Desa

oleh -1.069 views
Tim PHP2D Himapem Fisipol UDA memberikan perhatian dan kerja kerasnya untuk memberikan pembinaan dan pemberdayaan kepada masyarakat di Desa Puncak Lolomatua, Kecamatan Ulunoyo, Kabupaten Nias Selatan. (Foto/Ist).

NIAS SELATAN I Sejak 23 Agustus 2021, Tim Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) Himpunan Mahasiswa Pemerintahan (Himapem) Fisipol Universitas Darma Agung (UDA) telah memberikan perhatian dan kerja kerasnya untuk memberikan pembinaan dan pemberdayaan kepada masyarakat desa Puncak Lolomatua Kecamatan Ulunoyo Kabupaten Nias Selatan.

Berbagai kegiatan telah mereka lakukan seperti memberi pembinaan melakukan industri kecil dengan budidaya ikan lele mulai dari membuat kolam sampai memilih bibit yang tidak rentan mati dan memberi makan dua kali sehari di waktu pagi dan sore.

Selain itu mereka juga mengadakan pembuatan pemanfaatan ubi singkong menjadi kripik yang bisa dijual dan pembuatan pupuk kompos untuk mempercepat menanam sayuran di sekeliling rumah.

Pengembangan lokasi wisata Gunung Puncak Lolomatua juga menjadi target kegiatan mereka. Sejak minggu pertama sampai minggu keempat, lokasi wisata yang sulit dijangkau dengan mudah sekarang terlihat indah dari jalan desa.

Jika dulu ingin keatas, seperti berjalan memanjat, sekarang sudah mudah dilalui karena sudah dibuat tangga-tangga yang diisi batu batu sehingga tidak licin. Sekeliling ditempelkan papan Sapta Pesona dan Budaya 7 K serta papan Selamat Datang sehingga semua pengunjung sudah merasa disambut untuk naik ke atas menikmati ciptaan Tuhan lebih nyaman.