Pengamat: Bobby Harapan Nyata Untuk Pembangunan Kota Medan

oleh -211 views

MEDAN – Membangun Kota Medan bukan hal mudah. Selain perlu keseriusan, tak bisa dinafikan perlu juga anggaran yang tak sedikit.

Kota Medan dengan segala potensinya bisa berkembang dengan pesat bila kabupaten penyangga seperti Kabupaten Deliserdang, Kota Binjai bahkan Kabupaten Karo dapat bersinergi dan mendapat porsi besar dana pembangunan infrastruktur.

Harapan itu dianggap nyata ada pada pasangan Bobby Nasution-Aulia Rahman, pasangan nomor urut 2 Calon Walikota-Wakil Walikota Medan periode 2020-2025.

Pendapat ini datang dari salahseorang pengamat pembangunan di Sumatera Utara, yang akrab disapa Pak Bangun. Menurutnya, Bobby punya banyak kelebihan ketimbang rivalnya.

“Secara umum semua masyarakat kenal Bobby siapa, menantu Presiden. Selain masalah manajemen, menjadi pemimpin Kota Medan juga harus memiliki kemampuan dalam melobi pusat soal anggaran,” ungkap pria yang akrap disapa Pak Bangun, Kamis (11/12/2020).

Ia mengatakan, terlalu naif bila pihak khususnya mereka yang berseberangan dengan Bobby mengabaikan kemampuan calon walikota millennial ini soal melobi anggaran dari pusat.

“Ya kalau mau Medan maju dan berkembang pembangunannya, Bobby-Aulia solusinya. Tidak dipungkiri, kalau mengharapkan anggaran Kota Medan yang selama ini ada, pembangunan tak akan maksimal. Sebagian dari dana APBD Kota Medan itu saja sudah habis untuk operasional,” tuturnya.

Bangun menyebut, secara praktis dirinya tak terjun dalam dunia politik. Namun, pada perhelatan jelang pesta demokrasi tahun ini, ia merasa perlu untuk memberikan pencerahan tersebut.

“Sebagaimana kita ketahui, dalam satu hingga dua dekade ini sudah berapa Walikota Medan yang terjerat masuk ke dalam jeruji besi. Dampaknya apa, tak ada pembangunan yang signifikan di Kota Medan,” sebutnya.

Secara teknis Bangun mengingatkan, pembangunan Kota Medan itu juga harus diiringi dengan pembangunan infrastruktur dengan kabupaten penyangga.

Salahsatu contoh yang paling nyata yakni soal dibangunnya jalur wisata Medan-Tanah Karo, Medan-Deliserdang dan Medan Binjai.

“Nah, ketika jalur wisata ini yang statusnya jalan provinsi dijadikan jalan nasional, tentunya anggaran pusat akan terkucur. Kemudian, jalur-jalur alternatif lainnya mulai dari Deliserdang-Tanah Karo dan Binjai-Tanah Karo bisa dijadikan jalur wisata. Kemudian Medan Karo dibuat jalur wisata dan produksi,” ujar Bangun.

Eksesnya, menurut dia akan sangat baik bagi perekonomian masyarakat di sekitar jalur wisata dan produksi Medan-Tanah Karo.

“Sehingga dengan dijadikannya jalur wisata dan produksi Medan-Tanah Karo jelas akan menghidupkan UMKM masyarakat di sekitar. Jadi cukup kompleks kan pembangunan itu,” terangnya.

Menurut Bangun, bila memang ingin Kota Medan dibangun tahun inilah kesempatannya dengan memilih Bobby-Aulia, pasangan Calon Walikota Medan-Wakil Walikota Medan No 2.

“Intinya di sini saya bukan bicara politik, tapi lebih kepada out dari pilihan politik itu sendiri. Kalau memang mau Medan dibangun, sekarang lah saatnya. Terserah kalau mau dibilang itu nepotisme karena Bobby menantu Presiden, yang penting Kota Medan ini dapat porsi anggaran APBN yang besar untuk pembangunan,” pungkas Pak Bangun (*)