Pencairan DD dan ADK Di Aceh Singkil Kerap Terlambat Setiap Akhir Tahun

oleh -48 views
Kabid Penataan Ruang DPMK Aceh Singkil Rustam (foto/ist)

ACEH SINGKIL|Pencairan Dana Desa (DD) bersumber Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan Alokasi Dana Kampung (ADK) kerap terlambat setiap penghujung tahun menjelang tutup anggaran.
Hingga memasuki pertengahan Nopember 2021, dari sebanyak 116 desa yang tersebar, progres pencairan Dana Desa (DD) tahap III, baru 56 desa yang mengajukan, kata Kabid Penataan Kerjasama Administrasi Pemerintahan Mukim dan Kampung, DPMK Aceh Singkil, Rustam, saat dikonfirmasi Orbitdigitaldaily, Rabu (17/11/2021) di Singkil.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, keterlambatan pencairan disebabkan belum masuknya laporan realisasi tahap 1 dan 2, sebagai syarat pengajuan pencairan tahap berikutnya. “Baik DD dan ADK disebabkan belum dilaporkannya Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) realisasi sebelumnya,”ucap Rustam.

Akibat keterlambatan pengajuan tersebut, katanya, mau tidak mau Bidang Adninistrasi seperti tahun sebelumnya terpaksa kerja lembur hingga malam.

“Serba salah juga kita, tidak kita layani sementara honor perangkat desa dan honor-honor lainnya serta biaya hutang kantor semuanya harus dibayar dari situ. Gak pula kita biarkan aja. Apalagi mereka yang datang dari jauh pula sudah menginap disini beberapa hari,” ucap Rustam

Lanjutnya, sementara untuk pengajuan Alokasi Dana Kampung (ADK) yang bersumber APBK Aceh Singkil, disebutkannya baru sebanyak 39 desa yang mengajukan pencairan Tahap II, ke Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Aceh Singkil.

“Untuk pencairan ADK Tahap-II baru 39 yang mengajukan,” ucap Rustam.