Pemko Langsa, Gelar Gotong Royong Massal Dalam Rangka HPSN

oleh -14 views

LANGSA | Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2021. Pemko Langsa, menggelar gotong-royong masal, dan berhasil mengumpulkan sampah sebanyak 51 ton, Minggu (28/2/2021).

Aksi peduli sampah ini dengan melakukan gotong-royong secara serentak di 66 gampong (desa) dalam wilayah Pemko Langsa. Gotong royong melibatkan ASN dan masyarakat. Sementara rincian 51 ton sampah yang terkumpul masing-masing sampah plastik satu ton dan 50 ton sampah lainnya.

“Pengutipan sampah yang ada di Gampong (desa) Lhok Banie Relokasi Pusong, Kecamatan Langsa Barat, hasil survei banyak ditemukan sampah plastik yang berhasil di kumpulkan sekitar 2 ton.

Dalam aksi pengutipan sampah itu Wakil Wali Kota Langsa, Dr H Marzuki Hamid, MM bersama Camat Langsa Barat, Hady Wijaya, SSTP.MSP, Kapolsek Langsa Barat, Iptu Mulyadi, dan ASN Pemko Langsa, masyarakat gampong setempat, mengumpulkan sampah plastik dengan cara dikutip dan dimasukan kedalam kantong plastik kemudian diangkut menggunakan truk sampah milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat.

Marzuki Hamid mengatakan, kegiatan ini dalam rangka memperingati HPSN. Gotong-royong difokuskan untuk membersihkan pekarangan rumah, lingkungan tempat tinggal, selokan dan fasilitas umum.

“Saya sengaja fokus di gampong Lhok Bani, Kecamatan Langsa Barat, dan relokasi Pusung, karena hasil pantauan banyak plastik sampah berserakan di kawasan pemukiman penduduk.

Gotong-royong dengan melakukan pengutipan sampah sebagai bentuk dukungan dalam rangka memperingati HPSN.

“Saya harap kepedulian terhadap sampah bukan hanya dilakukan pada HPSN tapi setiap harinya, karena kebersihan dengan peduli buang sampah pada tempatnya terutama di lingkungan rumah mencerminkan masyarakat itu memiliki rasa tanggungjawab peduli sampah,” Kata, Marzuki Hamid.

Selain itu, sasaran gotong-royong dengan mengutip sampah plastik, mengangkat dari selokan atau parit, sehingga air mudah mengalir.

Diharapkan, masyarakat memiliki kesadaran untuk peduli dengan sampah dan dapat menjaga kebersihan terutama diaekitar lingkungan rumah masing masing.

Reporter : Rusdi Hanafiah